Direktur RSUD Ir Soekarno Morotai Optimis Bakal Capai PAD 75 Persen

Direktur RSUD Ir. Soekarno Pulau Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Walaupun per tanggal 03 Oktober 2022, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno Pulau Morotai telah meraih Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada urutan pertama, dengan capaian Rp 7,2 Miliar.

Namun Direktur RSUD Ir Soekarno Morotai, dr. Intan Imelda Engelbert Tan tetap beroptimis untuk menikan capaian PAD hingga 75 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulai Morotai.

“Untuk RSUD Ir Soekarno target PAD yang diberikan Pemkab Morotai sebesar Rp 19 Miliar tapi saya tetap optimis akan capai sekitar Rp 12 Miliar ataupun bisa mencapai 75 persen dari target PAD yang ditetapkan itu, ini baru perkiraan awal bisa saja naik,” ujar dr. Intan, rabu (05/10/2022).

Baca Juga :  Malas Berkantor, Dalam Waktu Dekat Sejumlah ASN di Morotai Diberhentikan

Ia pun mengungkap, sumber PAD RSUD Ir Soekarno, selain dari Claim BPJS terdapat pula dari Dana Bagi Hasil, Kimia Farma, Pasien BPJS Murni, Pasien Umum dan Pasien Covid-19.

Menurutnya, rata-rata setiap bulan RSUD Ir Soekarno Morotai menyetor PAD yang bersumber dari Claim BPJS di atas kisaran Rp. 1 Miliar.

“Sumber PAD paling besar dari Claim BPJS, misalnya bulan juli kami setor PAD sebesar Rp. 1,4 Miliar begitupun di bulan agustus 2022 sebesar Rp. 1,1 Miliar,” bebernya saat ditemui pada ruang kerjanya.

Baca Juga :  Pekan Depan, Gaji dan Tunjangan Nakes di RSUD Morotai Dibayar

Selain Claim BPJS, untuk lebih meningkatkan PAD RSUD Ir Soekarno Morotai, pihaknya berharap Pemkab Morotai menaikan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Kedepan kami mengharapkan naikkan lagi Jamkesda supaya bisa mencover pasien-pasien yang tidak bisa di claim secara BPJS karena tuntutan PAD kami cukup besar sehingga kami bisa mencapai PAD 80 sampai 90 persen. Karena itu termasuk PAD Rumah Sakit,” harapnya

Sekedar diketahui, pada senin (03/10/2022 kemarin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pulau Morotai, Suriany Antarani merincikan capaian PAD diantaranya.

Urutan pertama RSUD Soekarno Morotai dengan capaian PAD Rp 7,2 Miliar sekian, Kedua BPKAD Morotai dengan capaian 5,9 Miliar sekian, Ketiga Dinas Kesehatan Morotai dengan capaian PAD Rp 737 Juta, Keempat Dinas Kelautan dan Perikanan capaian PAD Rp 626 Juta.

Baca Juga :  Jasa Covid-19 Terparkir di Rekening RSUD Soekarno Morotai, Tahun 2023 Bakal Dibagikan

Kelima Dinas Perindagkop dengan capaian PAD Rp 183 juta, Dinas Perhubungan capaian PAD Rp 123 juta sekian, Dinas Pekerjaan Umum capaian PAD Rp 119 juta sekian, Dinas Lingkungan Hidup dengan capaian 89 Juta sekian dan terakhir yakni Dinas Pariwisata Morotai dengan capaian PAD Rp 45 juta sekian (2,1 persen) dari target Rp 1,5 Miliar. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini