Kamis, Juli 7, 2022
Google search engine
BerandaBeritaDinkes OKU Selatan: Masker Kain Bagus di Gunakan Oleh Orang Sehat

Dinkes OKU Selatan: Masker Kain Bagus di Gunakan Oleh Orang Sehat

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Saat ini Dinas kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan penggunaan masker untuk masyarakat yang akan keluar rumah.

Karena memakai masker merupakan penjagaan yang sangat penting dimana saat ini banyak orang yang bisa menularkan virus tanpa gejala.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Umu Manazilawati, SKM., MM., kepada wartaterkini.news, Jum’at (03-04-2020).

“Intinya saat kita menggunakan masker, artinya saya, kita, melindungi anda dan anda melindungi saya”.ujar Umu

Baca Juga :  Kunjungi OKU Selatan, Kapolda Sumsel Sambangi Pos Penyekatan

Penggunaan masker sangat penting untuk menekan angka penyebaran penyakit, meskipun menggunakan masker yang sederhana karena masker mampu mencegah penyebaran droplet dari mikro organisme yang terinfeksi.

“Semakin banyak orang yang memakai masker, maka semakin sedikit virus yang menyebar sehingga semakin sedikit orang yang terpapar”. Ungkap Umu

Selain itu Umu juga mengatakan terkait langkanya masker bedah, penggunaan masker kain bisa menjadi pilihan terakhir bagi masyarakat jika tidak ada lagi masker bedah untuk mencegah penularan virus. Namun masker kain ini tidak disarankan untuk dipakai oleh tenaga medis. Penggunaan masker bedah diprioritaskan bagi petugas medis dan orang sakit, atau orang sehat yang merawat orang sakit.

Baca Juga :  Danpussenarmed Tanam Pohon Buah di Taman Mako Yonarmed 3/105 Tarik/NP

“Masker kain bisa dipakai masyarakat yang sehat, digunakan di tempat umum, tapi tetap menjaga jarak 1-2 meter. Masker kain tidak digunakan oleh tenaga kesehatan karena 40-90 persen partikel dapat menembus masker ini”.Jelas Umu.

Menurut Umu, masker kain memiliki perlindungan terhadap droplet (percikan yang dihasilkan dari bersin dan batuk) yang besar. Efektivitas penyaringan masker kain dapat mencegah partikel ukuran 3 mikron hingga 10-60 persen. Adapun masker bedah, menurut riset di Inggris, lebih efektif menyaring zat-zat tiga kali lipat dibanding masker kain atau buatan rumah.

Baca Juga :  Nakes Asal OKU Selatan Raih Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional 2021

“Kalau droplet kecil, tidak bisa mengunakan masker kain ini”.Ujarnya.

Umu juga menjelaskan kelebihan dari masker kain ini yakni dapat dipakai berulang kali namun masker kain tersebut harus dicuci dengan detergen dan air hangat untuk mematikan virus. (Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News