Dinkes Mubar Berikan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat

Mubar Sultra, wartaterkini.news–Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan pembangunan disegala bidang dalam meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat Mubar.

Pemda Mubar melalui Dinas Kesehatan terus melakukan inovasi dan beragam kinerja serta program kerja dalam mendukung visi dan misi Presiden, Kemenkes, Gubenur dan Bupati dalam meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, LM Ishar Masiala menyampaikan pihaknya bekerja berdasarkan visi dan misi Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024 menjabarkan visi dan misi Presiden tahun 2020-2024 di bidang kesehatan, yakni Visi “Menciptakan manusia yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan” dan Misi yakni menurukan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional; dan meningkatkan kemandirian dan penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Tujuan Strategis Kementerian Kesehatan
Peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan siklus hidup
Penguatan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. Peningkatan pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat
Peningkatan sumber daya kesehatan. Kami bekerja sesuai dan berdasarkan visi dan misi Presiden RI, Kementrian, Gubenur dan Bupati tentang memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Mubar,” ujar Ishar, Selasa (02/08/2022).

Baca Juga :  PT. Jamkrida Sumsel Gelar Sosialisasi Produk Surety Bond

Dikatakannya, dalam mendukung dan mensukseskan visi dan misi tersebut, pihaknya telah melakukan pembangunan pelayanan kesehatan dilintas desa, kelurahan, kecamatan sampai di wilayah kepulauan.

“Beberapa tahun terakhir, kita sudah membangun beberapa puskesmas yakni puskesmas Marobea, puskesmas Sidamangura, puskesmas Guali dan puskesmas Tikep. Dan kita juga telah membentuk puskesmas Bero khusus di wilayah kepulauan. Ini semua adalah bagian dan bentuk Pemda Mubar guna memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada seluruh warga Mubar,” ucapnya.

Selain itu, Ishar mengungkapkan jika Pemda Mubar dalam menanggulangi dan mencegah penyebar Covid-19 pada tahun 2019 masuk 10 besar sebagai Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia yang cepat melaksanakan penangganan dan pencegahan Covid-19.

Baca Juga :  Polisi Peduli, Kapolres Jombang Berikan Santunan dan Bea Siswa Bagi Pelajar Berprestasi

“Alhamdulillah, atas kerjasama semua satgas Covid-19 Pemda Mubar masuk 10 besar di seluruh Indonesia sebagai Kabupaten yang cepat menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19 di tahun 2019 kemarin dan ini dibacakan langsung oleh Presiden RI di Istana Negara. Dan Alhamdulillah, sekarang kita dalam zona hijau. Ini semua berkat dukungan dan kerjasama semua satgas covid-19 Mubar,” ungkapnya.

Lanjut, Pihaknya juga terus mensukseskan program nasional yakni Vaksinasi. “Kita tetap dan terus menjalankan vaksinasi. Dan kali ini vaksinasi tahap keempat dan InsyaAllah vaksinasi kali ini mencapai target.

“Jadi saya berharap kepada seluruh warga Mubar untuk melaksanakan vaksinasi karena kesehatan itu yang paling terpenting dan mencegah itu adalah cara tepat sebab kita tetap waspada dan menjaga diri dari penyebaran Covid-19 dan ini adalah perintah Presiden RI dan Pj Bupati Mubar dalam mensukseskan program nasional yakni vaksinasi,”jelasnya.

Baca Juga :  Pejabat Loki Buka Mubes IPPMAT Perdana

Sambungnya, terkaik dengan program menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan menurunkan angka stunting pada balita, pihaknya telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan seminar serta menghimbau kepada semua puskesmas agar proses persalinan harus di puskesmas.

“Dari kemarin kami telah melaksanakan kegiatan dan seminar serta pelatihan guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta stunting,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Kesmas Nani menyampaikan berdasarkan
Perpres Nomor 72 tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. (La Ado/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini