Dinas PPKB – PPPA Kabupaten OKU Selatan Adakan Kegiatan Advokasi dan Fasilitasi PUG

OKU Selatan, wartaterkini.news–Dinas Pengendalian Penduduk,Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak gelar kegiatan Sosialisasi Advokasi dan fasilitasi PUG bagi perempuan melalui kegiatan Pokja PUG (Pengarusutamaan Gender). Kamis 22-11-2018 bertempat di aula kantor KB.

Kepala Dinas PPKB PPPA OKU Selatan Bulandina,SKM,MM. Dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan perencanaan dan penganggaran yang responsive gender terhadap kebutuhan dan memberikan manfaat terhadap perempuan dan laki-laki serta strategi untuk menginteragasikan isu keadilan dan kesetaraan gender sebagai alat perangkat kerja analisa proses dan politik dengan perspektif gender.

Baca Juga :  Peringatan Hut RI Ke-76 di OKU Selatan Akan Digelar Secara Terbatas dan Mematuhi Protokol Kesehatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan yang komprehensif tentang konsep, prinsip dan analisis gender sehingga dapat menggali isu gender serta manfaat PUG dalam pembangunan daerah, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dalam pelaksanaan PUG diantara pemangku kepentingan.

Peserta kegiatan Advokasi dan fasilitasi PUG bagi Perempuan melalui kegiatan pokja PUG (Pengarusutamaan Gender) di Kabupaten OKU Selatan terdiri dari,Kepala Dinas, Badan, Kantor, Camat serta lurah se-Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan dan menghadirkan narasumber dari Dinas PPPA Provinsi Sumsel, Dr.H.Heri Junaidi, Ma.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Tinjau Jalan Putus Penghubung Dua Desa

Sementara Bupati OKU Selatan yang diwakili oleh asisten 1 Joni Raples, AP. Mengatakan mengintegrasikan isu gender dalam berbagai program dan kegiatan pada dasarnya dilakukan untuk semakin mengefektifkan pelaksanaan program dan kegiatan sehingga bisa dipastikan baik perempuan dan laki-laki memperoleh manfaat dari program dan kegiatan yang dimaksud.

Melaui kegiatan ini diharapkan para aparat bagian penyusunan program atau bagian perencanaan di setiap SKPD mampu menyerap ilmu agar nantinya mampu menyusun kebijakan,program kegiatan dan anggaran yang lebih bersepektif gender.

Baca Juga :  Gencarkan Vaksinasi COVID-19, Polres OKU Selatan Sasar Pengunjung Pasar Mingguan

Selain itu tambah joni dengan adanya kegiatan ini diharapkan pada setiap instansi lembaga pemerintah dapat membentuk Focal Point dan pokja PUG sebagaimana diamanahkan dalam inpres No 9 tahun 2000 serta dapat lebih memiliki landasan kerja dalam pelaksanaan nya.

Adapun tugas focal point ini yakni mempromosikan pengarusutamaan gender di setiap OPD, memfasilitasi penganggaran berperspektif gender, mengadakan pelatihan, sosialisasi, advokasi, pengarusutamaan gender dan menyusun profil gender.(Wt01/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini