Kamis, Januari 27, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaDinas P2KBP3A Sumba Tengah Gelar Lomba Pidato Hak Anak

Dinas P2KBP3A Sumba Tengah Gelar Lomba Pidato Hak Anak

Waibakul Sumba Tengah NTT, Wartaterkini.News–Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P2KBP3A) Kabupaten Sumba Tengah menggelar lomba pidato pemenuhan hak anak. Lomba pidato ini melibatkan siswa dari jenjang SMP hingga SMA se-Kabupaten Sumba Tengah. Kegiatan ini terlaksana sebagai bagian dari pelaksanaan Konferensi Anak Daerah yang berlangsung di aula SKB Waibakul Kabupaten Sumba Tengah pada Selasa (06-05-2019).

Sebanyak 24 orang peserta lomba didampingi oleh para guru pendamping mengenakan busana adat saat menyampaikan pidato yang bertemakan tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan anak. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) yang juga Asisten III Setda Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si.

Setelah lomba pidato berakhir, dewan yuri yang diwakili oleh Drs. M.U.M.Dedo Ngara,MM mengumumkan enam orang sebagai yang terbaik di ajang lomba pidato yang terdiri dari 3 orang putri dan 3 orang putra. Untuk Putri, Juara I diraih oleh peserta dengan nomor dada 05 dari SMP Katolik Matawoga, Juara II oleh peserta dengan nomor dada 08 dari SMP Kristen Waibakul dan Juara III oleh peserta dengan nomor dada 03 dari SMP Negeri 1 Waibakul.

Baca Juga :  Perkuat Program Pemda Sumba Tengah Dirut Bank NTT Serahkan Bantuan CSR

Sementara untuk kategori Putra, Juara I diraih peserta dengan nomor dada 06 dari SMP Kristen Waibakul, Juara II oleh peserta dengan nomor dada 07 dari SMP Negeri 1 Waibakul dan Juara III oleh peserta dengan nomor dada 02 dari SMA Negeri 1 Waibakul. Para pemenang selain membawa pulang piala juga membawa piagam penghargaan dan hadiah lainnya.

Plt Sekda yang juga Asisten III Setda Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, saat membuka kegiatan lomba pidato tersebut memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif dan kreatifitas Dinas P2KBP3A Sumba Tengah yang telah merancang terselenggaranya kegiatan tersebut. Kegiatan lomba pidato tersebut kata Plt Sekda sangat bermanfaat dan bisa mengembangkan bakat atau kemampuan anak di bidang komunikasi public. Melalui lomba pidato juga bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait berbagai upaya perlindungan anak dan pemenuhan hak-hak anak. Untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan anak, kata Plt Sekda, tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi bisa dalam beragam bentuk termasuk kegiatan ekstrakurikuler.

Baca Juga :  Akhir Masa Tugas, Kapolres Morotai Kunjungi Polsek Morotai Utara dan Subsektor Morotai Jaya

Melalui kegiatan seperti ini, anak-anak atau para siswa bisa meningkatkan kemampuannya di bidang Bahasa, penguasaan teknologi dan komunikasi public. Plt Sekda juga menyatakan kebanggaannya atas keikutsertaan anak-anak di ajang ini. Yang terpenting, kata Plt Sekda, anak-anak harus berani tampil dulu karena dengan berani tampil maka kita bisa mengetahui kemampuan kita masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan Plt Sekda, pemenuhan hak anak sesungguhnya diiatur dalam UUD’45 terkait kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak serta perlindungan anak. Untuk menjamin pemenuhan hak anak, maka tugas negara melalui pemerintah adalah memastikan setiap anak terpenuhi hak-haknya untuk hidup sehat, hak untuk bisa sekolah dengan baik dan hak untuk berpartisipasi serta mendapatkan perlindungan. Di akhir sambutannya, Plt Sekda berharap agar Dinas P2KBP3A bisa secara rutin melakukan sosialisasi ke semua sekolah dan lingkungan masyarakat terkait pentingnya perlindungan anak.

Baca Juga :  Sumsel Segera Miliki Komisi Perlindungan Anak

Sementara itu Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumba Tengah, Dra. Agnes L.Mere, mengemukakan kebanggaannya atas partisipasi anak-anak dalam lomba pidato. Menurutnya, para peserta sungguh luar biasa berpidato dan anak-anak ini adalah cikal bakal calon pemimpin masa depan. Dari anak-anak ini nanti akan ada yang jadi pemimpin sehingga mulai saat ini, anak-anak harus memanfaatkan waktu secara baik untuk belajar dan mengembangkan bakat atau ketrampilannya. (Yuni/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,301,193
Total Kasus
Updated on 26 January, 2022 9:16 pm

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!