Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa Unhan Ditutup

Magelang Jateng, wartaterkini.newsPendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Universitas Pertahanan (Unhan) RI Tahun Akademik 2022/2023 ditutup. Upacara Penutupan bertempat di Lapangan Pancasila Akademi Militer, Senin (22/08/2022).

Sebagai Inspektur Upacara Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.SC., DESD., ASEAN Eng. Dihadiri oleh Warek I, Warek III Unhan RI, Dekan Fakultas Kedokteran Militer. Juga Dekan Fakultas Farmasi Militer, Dekan Fakultas Mipam dan Dekan Fakultas Teknik Militer, Karo Akademik Dan Karoum Unhan Ri dan Pejabat Distribusi Akademi Militer. Tidak ketinggalan Gumil/Dosen Gol. IV Akademi Militer Serta Para Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Universitas Pertahanan Tahun Akademik 2022/2023.

Rektor Unhan dalam amanatnya menyampaikan rasa bangga dapat menyaksikan putra/putri terbaik bangsa sebagai Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Unhan RI. Yang telah selesai melaksanakan Diksarmil Chandradimuka selama dua bulan terhitung mulai tanggal 20 Juni sampai 22 Agustus 2022 dengan jumlah 300 kadet.

Baca Juga :  Pramuka OKI Jadi Kwarcab Tergiat Se Kwarda Sumsel

“Kita semua berharap, para Kadet Mahasiswa dapat menjadi sumber daya manusia pertahanan yang berkualitas dan memiliki kapabilitas yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas,” katanya.

Dinamika tantangan lingkungan strategis semakin kompleks, bergerak sangat cepat dan tidak dapat diprediksi. Oleh karenanya, bangsa dan negara berupaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik dari segi keilmuan maupun kepribadian sebagai Garda terdepan Kedaulatan Bangsa Indonesia.

“Pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya membutuhkan dukungan dan sinergitas dari segenap komponen bangsa sesuai tugas dan fungsinya,” lanjutnya.

Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian menegaskan Pendidikan Dasar Militer yang telah dilaksanakan merupakan wahana untuk menanamkan sikap disiplin. Serta meningkatkan rasa nasionalisme, saling menghormati serta menciptakan generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri dan pekerja keras.

“Semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara yang ditanamkan dalam Pendidikan Dasar Militer sangat penting dalam pembangunan Bangsa Indonesia serta menciptakan Sumber Daya Manusia berkualitas dan dapat diandalkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Unggulkan Inovasi, Sedyo Mulyo OKI Nominator Lomba Desa Nasiona

Sejalan dengan program pemerintah dalam Mewujudkan Implementasi Visi Presiden RI No.1 Tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Menuju 2045, maka Unhan RI berperan dan berkontribusi untuk menyiapkan serta membentuk SDM pertahanan berkualitas, unggul dan berwawasan kebangsaan. Yang dilandasi semangat bela negara melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan berakhirnya Diksarmil ini, diharapkan segenap Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 akan menjadi mahasiswa Unhan RI yang berjiwa Pancasila. Serta mempunyai keluhuran yang sejati, berjiwa patriot yang cerdas dan berbudi luhur, serta siap berbakti kepada bangsa dan negara.

Diksarmil ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses berkat kerja keras semua personel, pembina dan pelatih serta dukungan sarana prasarana Akademi Militer. Maka dari itu, selaku Rektor Universitas Pertahanan RI, mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Akademi Militer dan jajarannya atas dukungan dan kerjasamanya.

Baca Juga :  Provinsi Sumsel Terima Penghargaan APE Kementerian PPPA

Ucapan terima kasih juga kepada personel Unhan RI yang terlibat dalam pelaksanaan Diksarmil ini. Kerja sama Akmil dan Unhan RI dalam kegiatan Diksarmil ini, mampu membentuk kadet-kadet Unhan RI yang berdaya guna bagi pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pertahanan Indonesia.

Di akhir amanat beliau berpesan kepada para Kadet Mahasiswa Unhan RI untuk selalu memupuk kerja sama, menanamkan kepedulian dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap kesulitan maupun hambatan. Kadet Mahasiswa adalah sumber daya manusia yang unggul dari 34 provinsi dan merupakan kebanggaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Dengan memohon Ridho Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Senin, tanggal 22 Agustus 2022, pukul 09.00 WIB, Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Pertahanan RI secara resmi dinyatakan ditutup,” ucapnya. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini