Kamis, Januari 27, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaDikbud Provinsi Malut Selenggarakan Pameran dan Pentas Seni GSMS di Morotai

Dikbud Provinsi Malut Selenggarakan Pameran dan Pentas Seni GSMS di Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut) bersama Cabang Perwakilan Dikbud Provinsi Malut di Morotai menyelenggarakan Pameran dan Pentas Seni “Gerakan Seniman Masuk Sekolah” (GSMS) bertempat di Taman Kota Daruba Kecamatan Morotai Selatan. Sabtu (23-11-2019) malam.

“Pada awal kegiatan, diiringi dengan Pertunjukan Pentas Seni dari berbagai tarian lokal dan Teater oleh siswa-siswi tingkat SMA se-Kabupaten Pulau Morotai”

Selanjutnya, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Provinsi Malut Ahmat S.Kamis dalam laporannya mengatakan GSMS ini adalah program dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang di turunkan di setiap Provinsi.

Tujuan dari GSMS ini adalah mendekatkan pelayanan para seniman di sekolah karena selama ini yang terjadi bahwa para seniman hanya beraktivitas di masyarakat dan tidak perna menyentuh sekolah.

Baca Juga :  Nasrun Umar Segera Kukuhkan Korwil Forsesdasi Babel

Oleh sebab itu, dua tahun sebelumnya Pemerintah Provinsi berfikir bahwa para seniman harus masuk sekolah dan melatih seni budaya di sekolah sekaligus melatih karakter lewat seniman masuk sekolah.

Dirinya menyebutkan, GSMS di Morotai ini telah libatkan lima sekolah yaitu SMA Negeri 1,2 dan 3 Pulau Morotai dan SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Pulau Morotai dan malam ini akan kita saksikan hasil belajar Seniman Masuk Sekola oleh Siswa-siswa kita Morotai.

Kemudian Bupati Pulau Morotai Benny Laos menyampaikan bahwa selama ini seniman selalu di anggap pendidikan kelas bawa, seni karya, seni musik, seni tari semunya di anggap sebagai rutinitas dan hobi.

Baca Juga :  Bupati Morotai Kembali Berbagi Sembako Tahap II di Desa Gamlamo

“Morotai sebagai daerah destinasi pariwisata atau 10 bali baru, dalam dunia pariwisata industri yang menjadi pemangku utama dari pada kuliner yaitu seni dan budaya merupakan akselerasi yang sangat penting untuk sebuah perkembangan pariwisata daerah”.katanya

Dengan demikian, pihaknya berharap para generasi muda atau para kaum milenial beraktivitas dalam pentas seni karena akan di jadikan suatu industri pariwisata yang ada di kabupaten pulau morotai.

Selain itu, Fasilitas Tahun depan akan di bangun di Trikora, dan akan di tampailkan semua seni, budaya dan tari jadi semua bisa nonton bersama di satu tempat itu sehingga tiap hari ada tontonan masyarakat lokal dan para wisatawan yang berkunjung ke morotai.

Baca Juga :  Atasi Banjir, Pemerintah Desa Sopi dan PT. Windu Lakukan Pembersihan Sungai

“Saya berharap, sinegitas yang terjadi di dalam sekolah seniman ini bukan sekedar membangun hobi, tetapi bagaimana mempersiapkan diri dan secara otomatis apabila selesai sekolah langsung menjadi mesin industri bagi para pelajar yang berkecimpun dalam pentas seni dan budaya”.Pungkasnya

Mengakhir rangkaian kegiatan, Bupati Benny Laos bersama rombongan menyaksikan langsung karya seniman dari Siswa-siswa SMA Negeri 1 Morotai.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pulau Morotai Benny Laos bersama Ibu, Wakil Bupati Asrun Padoma bersama Ibu, Forkompimda Kabupaten Pulau Morotai, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Provinsi Malut Ahmat S.Kamis, Kepala Cabang Perwakilan Dikbut Prov.Malut di Morotai, para pimpinan SKPD, siswa-siswi peserta Pentas Seni dan ratusan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai. (Endi/red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,301,193
Total Kasus
Updated on 26 January, 2022 7:15 pm

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!