Desa Tanjung Juara Provinsi, Akan Wakili Jawa Tengah ke Lomba Desa Tingkat Nasional

Jepara, Jateng, wartaterkini.net – Desa Tanjung Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, menjadi juara 1 lomba desa tingkat Jawa Tengah tahun 2022. Pasca penetapan juara tingkat provinsi tersebut, desa yang dipimpin Petinggi Dwi Ganoto langsung tancap gas menuju penilaian tingkat nasional. Pasalnya, dokumen penilaian peserta se-Indonesia, harus sudah diterima Kementerian Dalam Negeri selambatnya Jumat, 5 Agustus 2022.

Keluarnya Desa Tanjung sebagai juara lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah, dibenarkan Edy Marwoto KadinsosPermasdes Jepara. Saat ditemui di kantornya pada Kamis pagi (4/8/2022) Edy Marwoto mengatakan, pihaknya menerima kepastian tersebut dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah akhir bulan lalu.

Baca Juga :  Begini Cara Mahasiswa Di Jateng, Ajak Anak Peduli Lingkungan

“Akan ditetapkan dengan SK Gubernur. Tapi karena dokumen penilaian harus sudah dikirim ke Kemendagri antara tanggal 1 sampai 5 Agustus 2022, maka hasil lomba desa tingkat Jawa Tengah ditetapkan dengan SK Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah terlebih dahulu,” kata Edy Marwoto mengutip SK bernomor 414.1/3275 tahun 2022 tersebut.

SK tentang Pemenang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 itu menetapkan Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara sebagai Juara 1, diikuti Desa Tambaksari (Wanareja, Cilacap) sebagai juara 2, lalu juara 3 Desa Kadirejo (Pabelan, Semarang). Sedangkan pemenang kategori kelurahan, juara 1 Kelurahan Jebres, (Kota Surakarta), Kelurahan Sunggingan (Kabupaten Kudus), dan Kelurahan Purwosari (Kota Semarang).

Baca Juga :  Polres Simeulue Gelar Sertijab Waka Polres dan Kasat Lantas

“Hanya juara 1 masing-masing kategori yang maju ke tingkat nasional,” tambah Edy Marwoto.

Berdasarkan surat dari Kemendagri, Edy Marwoto menerangkan, setelah pengiriman dokumen paling lambat 5 Agustus 2022, Kemendagri akan menyampaikan pengumuman peserta yang lolos ke tahap pemaparan pada 11 Agustus 2022. Pemaparan online bagi peserta yang lolos, dijadwalkan tanggal 13 sampai 19 Agustus 2022.

“Kemendagri akan menetapkan juara 1 sampai juara 3 masing-masing kategori pada September mendatang. Pemenangnya berdasarkan wilayah Regional. Kita masuk Regional 2 yang meliputi seluruh wilayah Jawa dan Bali. Semoga Desa Tanjung bisa mendapatkan hasil terbaik di tingkat nasional ini. Banyak inovasi desa itu yang bisa menjadi keunggulan. Kami juga berharap prestasi ini menginspirasi desa-desa lain di Jepara,” tambah Edy Marwoto. (Eko/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini