Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaJawa BaratBandungDesa Penglipuran Salah Satu Destinasi Wisata Delegasi GPDRR 2022

Desa Penglipuran Salah Satu Destinasi Wisata Delegasi GPDRR 2022

Badung Jabar, wartaterkini.news–Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesudibjo, mengungkapkan Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli masuk ke dalam daftar destinasi pada program fieldtrip gratis yang difasilitasi oleh Kemenparekraf untuk para delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Di Desa Wisata Penglipuran, delegasi GPDRR 2022 akan diperlihatkan rumah-rumah dengan arsitektur khusus, yakni arsitektur tahan gempa.

“Kita berharap delegasi bisa menikmati desain arsitektur khusus desa ini, yang bangunannya memiliki struktur, fungsi, dan ornamen yang digunakan turun-temurun,” kata Wamenparekraf Angela dalam keterangannya pada Kamis (26/5/2022).

Dijelaskannya, Desa Wisata Penglipuran merupakan salah satu desa terbersih di dunia. Desa wisata itu mengusung konsep pelestarian budaya dan tradisi, serta mengedepankan konservasi lingkungan.

Baca Juga :  Forkopimda Jatim Mengecek Vaksinasi Komunitas Kampus di ITS dan Unesa

Berkat kebersihan dan kerapiannya, desa seluas 112 hektare ini berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya Kalpataru, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) pada 2017, dan yang terbaru, destinasi itu masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Desa Penglipuran mengusung patokan adat yang sudah turun-temurun, yakni dibangun dengan Konsep Tri Mandala, di mana tata ruang desa dibagi menjadi tiga wilayah yakni Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala.

Pembagian wilayah tersebut diurutkan dari wilayah paling utara hingga paling selatan. Di wilayah utara, ada Utama Mandala. Wilayah ini merupakan tempat suci atau tempat para dewa. Di sini pulalah tempat beribadah didirikan.

Baca Juga :  Nangguk Salah Satu Tradisi Budaya dan Destinasi Wisata Kabupaten Lahat

Sedangkan, di bagian tengah, ada zona yang disebut sebagai Madya Mandala. Zona tengah merupakan pemukiman penduduk, di mana rumah-rumah penduduk dibangun berbanjar di sepanjang jalan utama. Dan wilayah paling selatan disebut dengan Nista Mandala. Tempat ini adalah zona khusus untuk pemakaman penduduk.

Saat kunjungannya ke Desa Wisata Panglipuran, Wamenparekraf Angela diterima oleh Kelian Desa Adat Panglipuran I Wayan Budiarta, Bandesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Bangli I Ketut Kayana, dan Patajuh Bandesa Agung MDA Bali dan Penggerak Desa Wisata I Made Wena.

Turut mendampingi Wamenparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam; Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf, Indra Ni Tua, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Baca Juga :  Dugaan Akta Cerai Palsu, Di Keluarkan PA Cikarang

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR ke-7 yang bertema “Fostering Collaboration towards Sustainable Resilience” pada 23 hingga 28 Mei 2022 di Bali.

Ajang GPDRR 2022 bertujuan untuk meningkatkan upaya melalui komunikasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti pemerintah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuwan atau akademisi, dan pelaku sektor swasta untuk berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB atau Sendai Framework for DRR 2015-2030. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News