Hal tersebut disampaikan Menhan saat memberikan sambutan pada Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan), TNI, dan Polri Tahun 2020, Kamis (23-01-2020), di kantor Kemhan, Jakarta.

“Tema Rapim Kemhan, TNI, dan Polri Tahun 2020 ini adalah ‘Pertahanan Semesta Yang Kuat Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI’. Tema ini mengajak semua komponen bangsa turut serta dalam membangun dan mewujudkan pertahanan negara yang kuat,” tuturnya.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Ajak Jajarannya Tetap Produktif Selama Ramadan

Lebih lanjut disampaikan Menhan bahwa Sistem Pertahanan Semesta diselenggarakan dengan memanfaatkan sumber daya nasional Indonesia, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun sumber daya buatan dalam satu kesemestaan.

“Hal ini diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menjamin kelangsungan hidup NKRI,” tegas Menhan.

Dengan demikian, menurut Menhan, seluruh rakyat Indonesia harus bersatu untuk tetap menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa guna menghadapi berbagai ancaman dan tantangan di masa depan.

Baca Juga :  Menhan Ajak KSAD Se-ASEAN Kerja Sama Jaga Perdamaian

Adapun Rapim Kemhan, TNI, dan Polri Tahun 2020 dihadiri peserta sebanyak 534 orang yang berasal dari pejabat di lingkungan Kemhan, TNI, dan Polri, serta pejabat perwakilan dari instansi terkait lainnya.

Pada kegiatan Rapim ini, para peserta mengikuti sejumlah agenda, antara lain pengarahan oleh Presiden Joko Widodo dan pembekalan oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. (han/jpp/red)

Baca Juga :  Sempat Dilaporkan Hilang, Bagus Maulana Ditemukan Tidak Bernyawa