Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan Ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara

Sleman DIY, wartaterkkini.newsKomandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. menghadiri upacara Peringatan Ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2022. Peringatan kali ini mengusung tema “Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Disegani di Kawasan”.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. Digelar di Lapangan Dirgantara Kesatrian Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jumat (29/07/2022).

KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo selaku Inspektur upacara, dalam amanatnya, mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI AU, untuk mengenang kembali sejarah panjang perjuangan TNI AU. Tujuh puluh lima tahun silam, pesawat Dakota nomor registrasi VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia, jatuh ditembak musuh. Sehingga seluruh awak pesawat gugur sebagai kusuma bangsa. Peristiwa heroik ini telah terpatri dalam sanubari sebagai bangsa Indonesia, khususnya sebagai insan Dirgantara.

Baca Juga :  30 Personil Polres Gowa Ikut Lari 10 Km

“Sebagai generasi penerus, kita jadikan momen Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2022 ini, sebagai bukti tanda pengabdian kita kepada tanah air, dengan berbagai kegiatan sosial untuk membantu dan meringankan beban masyarakat.” tutur KASAU.

Lebih lanjut KASAU menyampaikan beberapa upaya juga telah dilaksanakan oleh jajaran TNI AU hingga puncak Hari Bakti TNI Angkatan Udara tahun 2022 ini. Kegiatan penanggulangan dan evakuasi bencana alam, pelaksanaan vaksinasi, percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan. Serta kegiatan karya bakti terpusat di Kepulauan Maluku.

Baca Juga :  Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Area Ringkus Dua Pencuri AC

Di tengah kondisi pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, TNI AU harus bisa menjadi pelopor dan mengajak seluruh komponen bangsa terus menerus menumbuhkan optimisme untuk bersatu dan bahu membahu. Serta kerja keras untuk membantu masyarakat guna pemulihan ekonomi.

“Kita harus bisa berdiri tegap dan mampu melewati beratnya tantangan tugas di situasi pandemi Covid-19. Bahkan mampu memberikan berbagai prestasi yang membanggakan kepada bangsa Indonesia. Semua itu terwujud berkat pengorbanan yang kita teladani dari pendahulu kita,” pungkas KASAU.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono pada kesempatan yang sama mengucapkan Selamat Hari Bakti Ke-75 TNI AU tahun 2022.

“Semoga TNI AU semakin sukses dalam pengabdian kepada bangsa dan negara untuk menjaga NKRI,” ucapnya.

Baca Juga :  Menparekraf Berharap Poltekpar Medan Cetak SDM Parekraf Berkualitas

Lebih lanjut Danrem menyampaikan dengan momen peringatan Hari Bakti Ke-75 TNI AU Tahun 2022, TNI AU siap mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

“Sehingga saya yakin TNI AU di bawah kepemimpinan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bisa mewujudkan cita-cita para pejuang pendahulunya,” kata Danrem.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri ATR/BPN Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto. Juga Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Azhar Aditama, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti. Serta Forkopimda DIY dan para Asisten Mabes AU. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini