Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Paripurna DPRD DIY

Kota Yogyakarta DIY, wartaterkini.newsKomandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si., menghadiri rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) D.I. Yogyakarta. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi DIY Nuryadi, S.Pd. Bertempat di ruang rapat Paripurna Kantor DPRD Provinsi DI Yogyakarta Jalan Malioboro, No. 54 Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta, Selasa (16/08/2022).

Sidang tahunan MPR RI, Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka penyampaian laporan kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan secara daring, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani, S.Sos.

Sebelum Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja Lembaga Negara dan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, disampaikan pula laporan sidang Tahunan MPR RI oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan sidang bersama DPR RI yang dibacakan oleh Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani, S.Sos.

Pada Sidang Tahunan ini, Presiden RI Joko Widodo secara daring dari Gedung Nusantara, DPR RI Jakarta menyampaikan, saat ini inflasi Indonesia berhasil di kisaran 4,9%. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7% dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9%.

Baca Juga :  Produktif dan Aman Covid-19 Ini Protokol Kesehatan Bappenas

Pertengahan 2022 ini, APBN juga surplus Rp 106 triliun sehingga mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan Listrik, sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022. Ekonomi berhasil tumbuh positif 5,44% pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp 364 triliun.

“Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain agenda-agenda besar bangsa harus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Danrem 072/Pamungkas Tinjau Pendistribusian BLT Migor Kodim 0729/Bantul

Kekuatan Indonesia adalah sumber daya alam yang melimpah, namun harus dikelola dengan baik agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Kepercayaan Internasional saat ini meningkat tajam dengan diterimanya Indonesia oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Selain itu Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global dan tahun 2022 ini. Bahkan Indonesia menjadi Presiden G.20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia serta tahun 2023 menjadi Ketua ASEAN.

“Saat ini kita berada dipuncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama Internasional,” kata Presiden RI.

Kepercayaan Internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri, hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat, pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52 % di antaranya, berada di luar Jawa artinya, ekonomi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris.

Baca Juga :  Wagub Paparkan Prioritas Pembangunan Sumsel Mendatang

“Saya tegaskan kembali. agenda besar bangsa tidak boleh berhenti, langkah-langkah besar harus terus dilakukan. Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju dengan komitmen kerja keras, inovasi dan kreativitas,” tegas Presiden Jokowi.

Turut Hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X, Gubernur AAU Marsda Eko Dono Indarto, S.I.P., Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar. M.Si, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Katarina Endang.S. S.H. M.H. Juga Kepala Pengadilan Tinggi DIY Dr. H. Kresna Menon. S.H., M.Hum, Sekda DIY Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji, Danlanal Yka Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M. Serta Kadislog Lanud Ads Kolonel Tek Yekti Sulistyo N., dan para anggota DPRD DIY. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini