Daftar Soal Debat Capres-Cawapres Selesai Disusun Panelis

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama Direktur Perencanaan Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Aria Bimo (kiri), dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso (kanan) bergandeng tangan seusai melakukan rapat persiapan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (28/12/2018). KPU bersama tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden menyepakati moderator yang akan memandu debat perdana Pilpres 2019 adalah Ira Koesno dan Imam Priyono. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

 

Baca Juga :  Terjun ke Dunia Politik, Giring 'Nidji' Syukuran di Rumahnya

JAKARTA, Wartaterkini.News–Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan daftar soal debat capres-cawapres perdana telah selesai disusun oleh panelis dan akan diperiksa oleh KPU.

“Daftar soal sudah dibikin dari panelis hari Sabtu-Minggu kemarin, sudah selesai. KPU perlu waktu beberapa hari untuk memeriksa soal itu, baik dari sisi redaksi maupun dari sisi konten,” ungkap Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dia menyampaikan KPU akan memastikan redaksional pertanyaan yang disusun panelis agar mudah dibaca oleh moderator. KPU juga akan memastikan soal tidak merugikan atau menguntungkan salah satu kandidat.

Baca Juga :  Cegah Jatuh Korban, Dinkes OKU Selatan Periksa Petugas Penyelenggara Pemilu

Dengan penyerahan soal dari panelis kepada KPU, maka tugas panelis telah selesai. Panelis akan hadir dalam acara debat dengan status sebagai undangan KPU RI.

Pada saatnya nanti, kata Pramono, soal yang ada diletakkan dalam wadah kaca yang akan diundi oleh masing-masing kandidat dan diserahkan kepada moderator untuk dibacakan.

Terkait rencana KPU memberikan kisi-kisi, Pramono menyampaikan hal itu sudah disepakati kedua timses pasangan calon dalam rapat yang diselenggarakan bersama.

Baca Juga :  Tegakan Pemilu Jurdil, Ratusan Massa Geruduk Bawaslu OKI

Adapun debat capres perdana akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Panelis pembuat soal debat perdana terdiri dari enam tokoh, yakni Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Bagir Manan (mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (ahli tata negara), Margarito Kamis (ahli tata negara), dan unsur pimpinan KPK. (Ant Jpp)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini