banner 728x250

Ciptakan Eco Enzyme, Siswa SD Tarakanita Diajak Manfaatkan Kulit Buah

Tampak siswa-siswi SD Tarakanita Kota Magelang bersama para guru sedang memanen Eco Enzyme yang telah dibuat sejak tiga bulan lalu, Senin (03/06/2024).(foto: Atik)

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.news Menanamkan peduli lingkungan kepada anak perlu dilakukan sejak dini, dengan harapan mereka kelak akan selalu peduli dalam melestarikan alam. Seperti dilakukan guru SD Tarakanita Kota Magelang terhadap siswa-siswinya, Senin (03/06/2024).

Tampak siswa-siswi bersama para guru sedang memanen Eco Enzyme yang telah dibuat sejak tiga bulan lalu. Eco Enzyme ini dibuat oleh peserta didik dengan memanfaatkan kulit buah-buahan.

Penanggungjawab kegiatan Y. Tata Wibawa mengungkapkan kegiatan ini bertujuan memberi pengalaman dan melibatkan siswa dalam melestarikan lingkungan hidup. Yaitu dengan memanfaatkan kulit buah bekas untuk membuat Eco Enzyme.

“Pembuatan Eco Enzyme ini kami lakukan pada bulan Februari 2024 lalu. Dengan arahan guru, para siswa membuat Eco Enzyme menggunakan bekas kulit buah, dan setelah 3 bulan, hari ini kita panen,” ungkap Tata Wibawa, di sela-sela kegiatan.

Baca Juga :   Jelang Pemilu, Bawaslu Temukan Masalah Distribusi Logistik

Lebih lanjut, Tata Wibawa menjelaskan Eco Enzyme ini sengaja dibuat dan dipanen menjelang peringatan Hari Lingkungan Hidup. Rencananya Eco Enzyme itu akan digunakan besok pada tanggal 5 Juni 2024 bersamaan Hari Lingkungan Hidup Nasional.

“Rencana kami, Eco Enzyme ini akan kami tuang di sungai Manggis dengan lokasi di sekitar kompleks Mako Rindam IV/Diponegoro. Selain itu juga untuk memupuk tanaman, sekaligus membasmi hama tanaman,” terangnya.

Diketahui, pembuatan dan panen, Eco Enzyme ini melibatkan para guru, karyawan, serta siswa-siswi Kelas 1 hingga Kelas 6.

Baca Juga :   Bupati Pamekasan Resmi Berangkatkan 1.049 Jemaah Calon Haji

“Rencananya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional tanggal 5 Juni 2024 lusa, kami juga akan melibatkan semua warga SD Tarakanita,” pungkas Tata Wibawa. (Atik/Red)