banner 728x250

CEO Microsoft Ingin Kolaborasi Kembangkan AI di Indonesia

Jakarta, wartaterkini.news–CEO Microsoft Satya Nadella ingin berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengembangkan ekosistem teknologi salah satunya kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI) di Indonesia, antara lain melalui pembangunan pusat riset dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Tadi (CEO Microsoft Satya Nadella) sudah bicara dengan Pak Presiden (Joko Widodo) mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama dengan Pemerintah Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait  kunjungan CEO Microsoft ke Istana Negara di Jakarta, pada Selasa (30/4/2024).

Budi Arie mengatakan, kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital nasional, khususnya di bidang teknologi AI.

Baca Juga :   Perhutani - Kodam III Siliwangi Kolaborasi Lindungi Kawasan Hutan di Jawa Barat

Dalam hal tu pemerintah meminta Microsoft untuk membangun pusat riset dan pengembangan yang lokasinya bisa di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur atau Bali.

“Microsoft kan punya Asia-Pacific Research and Development Center, Presiden meminta agar salah satunya dibangun di Indonesia. Tempatnya terserah, ada beberapa daerah termasuk di IKN (Ibu Kota Nusantara), di Bali, tawarannya itu,” tuturnya.

Selain pengembangan talenta digital nasional dan pembangunan pusat riset, kerja sama dengan Microsoft juga diharapkan berkaitan dengan pengembangan kota cerdas atau Smart City di IKN.

Baca Juga :   Menkominfo Ajak PWI Pusat Kolaborasi Tangani Hoaks Pemilu

“Karena human capital penting jadi lebih kepada pengembangan sumberdaya manusia. dan ini penting juga buat Indonesia dalam rangka menuju digital transformation, termasuk membantu pemerintah Indonesia dalam pengembangan Smart City di IKN,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan, CEO Microsoft Satya Nadella telah menyampaikan tujuan untuk mengembangkan bisnis bidang teknologi di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo.

“Pak Satya Nadella sudah bertemu dengan Presiden ingin menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia yang nanti akan diumumkan di JCC (Jakarta Convetion Center),” tandas Dharma.

CEO Microsoft Satya Nadella dijadwalkan akan menghadiri Microsoft Build AI Day di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga :   Rintis Pertanian Multikultur, UNIMMA Jalin Sinergi Dengan MPM

Kegiatan yang dihadiri Menkominfo Budi Arie dan Menteri Kabinet Indonesia Maju itu akan membahas pengembangan bisnis Microsoft di Indonesia. (**)