Cek Lokasi Kirab Budaya G20, Kapolda Jamin Keamanan dan Kenyamanan Para Delegasi

Magelang Jateng, wartaterkini.newsKapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi hadir langsung melakukan cek lokasi Kirab Budaya G20 di Borobudur Kabupaten Magelang, Senin (12/09/2022). Kirab Budaya berjalan lancar dari simpang tiga Brojonalan (Candi Pawon) hingga Area Lumbini di kompleks Candi Borobudur.

Kirab disaksikan oleh para delegasi dari negara-negara yang tergabung dalam G20. Sehingga keamanan dan kenyamanan para delegasi menjadi prioritas utama dan menjadi tanggungjawab Polda Jateng bersama seluruh personel pengamanan.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, Polda Jateng telah melakukan pengamanan para Menteri Kebudayaan G20 yang hadir di Jawa Tengah, khususnya di Magelang. Ditegaskan bahwa pihaknya tidak hanya memberikan rasa aman, namun juga rasa nyaman.

Baca Juga :  Polsek Maba Selatan Berhasil Amankan  Ratusan Miras Cap Tikus

“Kita melibatkan 1.700 personel, pengamanan kita gelar dari mulai tamu kedatangan di Polda DIY. Kita lakukan pengawalan baik itu terbuka maupun tutup sampai ke wilayah Magelang.

Pengamanan, lanjut Luthfi, diterapkan di beberapa zona, seperti pada zona penginapan, zona kegiatan dan zona tanpa kegiatan. Di zona itu dibagi tiga Ring, ada Ring 1, Ring 2, dan Ring 3.

“Ring 1 dalam kegiatan, Ring 2 luar kegiatan, Ring 3 di wilayah di luar kegiatan. Jadi pengamanan ini kita lakukan untuk memberikan jaminan keamanan Polda Jawa Tengah terhadap Delegasi negara-negara G20 di wilayah Jawa Tengah,” terangnya.

Baca Juga :  Kebumen International Expo Tahun 2022 Resmi Dibuka

Dijelaskan Kapolda Jateng, kegiatan pengamanan sudah dimulai dari kemarin Minggu (11/09/2022). Sebelumnya dilakukan gelar pasukan pada Sabtu (10/09/2022). Pengamanan akan berlanjut hingga tanggal 14 September 2022, yaitu setelah para tamu meninggalkan wilayah Jawa Tengah.

Luthfi mengatakan tidak ada pengamanan khusus, semua sama. Karena SOP pengamanan yang dilakukan sudah dibagi habis, baik itu pengawalan memakai kendaraan maupun pengawalan dari masing-masing delegasi.

Baca Juga :  KPPPI Himbau APDESI Hasel Tidak Lakukan Pungli Pada Kepala Desa

“Contoh, misalkan di hotel itu sudah ada LO-nya. Jadi jajaran Pamobvit kita sudah punya Posko di hotel, punya Posko kegiatan, bahkan Posko gabungan sudah ada di sini. Untuk gabungan tidak hanya dari Polri, di situ ada instansi terkait yaitu dari TNI, PLN, Rumah Sakit, dan Damkar,” katanya.

Kapolda Jateng itu menandaskan juga bahwa para delegasi yang hadir hanya setingkat menteri atau dirjen. Tidak ada jadwal kedatangan kepala negara atau kepala pemerintahan dari negara-negara G20. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini