banner 728x250

Cegah Tawuran, Polres Magelang Kota Gelar Delarasi Damai Antarpelajar SMK

Kapolres Magelang Kota, AKBP Herlina, S.I.K., M.H. menjadi Inspektur Upacara Deklarasi Damai antara SMK Muhammadiyah 1 Bandongan, SMK Negeri 1 Windusari dan SMK Yudya Karya Kota Magelang, Senin (26/02/2024). (foto: Atik)

Magelang Jateng, wartaterkini.news – Guna mencegah tawuran antarpelajar, Polres Magelang Kota menggelar Deklarasi Damai antara antara SMK Muhammadiyah 1 Bandongan, SMK Negeri 1 Windusari dan SMK Yudya Karya Kota Magelang. Kegiatan dipimpin oleh Kalpolresta Magelang Polda Jawa Tengah AKBP Herlina, S.I.K., M.H. di SMK Muhammadiyah 1 Bandongan, Senin (26/02/2024).

Kapolres Magelang Kota menyampaikan kegiatan upacara Aksi Damai ini diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman kondusif di wilayah Hukum Polres Magelang Kota.

“Saat ini marak sekali tawuran oleh pelajar, tawuran ini tidak sekedar mengarah kenakalan remaja namun mengarah kepada penganiayaan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang,” imbuhnya.

Baca Juga :   Babinsa Berikan Motivasi Terhadap Pelajar SMP

AKBP Herlina menambahkan bahwa tawuran ini sangat disayangkan, karena dapat mencoreng nama pribadi maupun sekolah yang hakikatnya siswa-sisiwi merupakan generasi penerus bangsa.

“Kami dari Polri, sebagai pengemban tugas untuk menciptakan situasi yang aman kondusif mengajak bekerjasama baik dari sekolah, guru, orang tua untuk selalu memberikan pantauan kepada anak-anak dan pelajar agar tidak merambat ke kenakalan remaja,” tandas AKBP Herlina.

Kegiatan seperti ini diharapkan agar siswa tidak terprovokasi atas ajakan yang dapat menimbulkan tawuran dan meningkatkan keharmonisan dalam lingkungan siswa maupun sekolah.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Buka Diktuk Bintara Polri Gelombang I Tahun 2024

“Polres Magelang Kota akan menindak tegas dan konsisten bagi pelajar yang melakukan tawuran maupun tindak penganiayaan,” tegasnya.

Berikut isi Deklarasi Damai yang dibacakan perwakilan dari tiga sekolah:

Kami Pelajar SMK Negeri 1 Windusari Magelang, SMK Yudya Karya Kota Magelang, SMK Muhammadiyah 1 Bandongan Magelang Berjanji:

  1. Stop Segala Bentuk Tindakan Anarkis yang Dilakukan Oleh Pelajar;
  2. Stop Tindakan Vandalisme;
  3. Stop Bermedia Sosial yang Berdampak Tawuran;
  4. Stop Tongkrong-Tongkrong yang Berdampak Tawuran Pelajar;
  5. Stop Konsumsi Minuman Keras, Membawa Senjata Tajam yang Dapat Memicu Tawuran;
  6. Jika Terjadi Tawuran, Maka Siap Diproses Secara Hukum yang Berlaku.
Baca Juga :   Polres Magelang Kota Gelar Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian

Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar diwarnai rasa kekeluargaan di antara para pelajar dari tiga SMK tersebut (Atik/Red)