Cegah Banjir, FPRB Cikarang Barat Dan Warga Jayaraga, Bersihkan Saluran Air

Bekasi Jawa Barat, wartaterkini.news – Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Cikarang Barat bersama Masyarakat Jaya Raga dan relawan taman hati kompak melaksanakan giat kerja bakti membersihkan saluran air yang ada di Kp Jaya Raga, RT 005/RW 07, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. Minggu ( 23/10/2022)

Hendra Wijaya Kordinator Bidang Investigasi dan Pencegahan FPRB Kecamatan Cikarang Barat menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran air dan gorong-gorong dari sampah. Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu banjir saat diguyur hujan.

Baca Juga :  Wakili Bupati, Ini Pesan Sekda Morotai Pada Penutupan MTQ VII Tingkat Kabupaten

“Kita sudah 2 kali menggiatkan kerja bakti membersihkan lingkungan terutama di saluran air sebagai upaya pengurangan resiko bencana terutama saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, kondisi saluran-saluran air di Kp Jaya Raga tidak lancar akibat banyaknya tumpukan sampah dan sedimen lumpur yang menyumbat.

” FPRB bersama para warga dan relawan membersihkan saluran dengan mengangkat sedimen atau sampah yang menyumbat, membersihkan ranting dan pohon serta rumput liar. Diharapkan, saat musim hujan seperti sekarang ini maka saluran sudah bisa berfungsi normal. Kegiatan ini juga kami lakukan untuk mengurangi dampak luapan air yang tersumbat sehingga tidak menggenangi jalan dan permukiman warga,” ucapnya

Baca Juga :  Kepatuhan Pelayanan Publik akan Bebaskan Negara dari KKN

Lebih lanjut Hendra mengatakan dengan semangat bergotong royong pekerjaan dapat menjadi ringan sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan Antara Relawan FPRB, Pemerintah dalam hal ini RT/RW, dan warga,” ungkapnya.

Ketua RT 05, Usup, mengatakan, aksi bersih-bersih saluran di permukiman warga ini sebagai upaya antisipasi banjir yang dipicu saluran air yang tersumbat.

“Kami Dengan bergotong royong, bersama warga relawan FPRB Taman hati, kompak untuk turun membersihkan saluran air
Tumpukan tanah, pohon ilalang dan sampah yang dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan mengakibatkan banjir, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini,”

Baca Juga :  Direktur Bank NTT Serahkan Dana CSR Untuk Pemda Matim Disela Peresmian Gedung Kas Cabang Borong

“Dengan gotong royong pekerjaan menjadi ringan sekaligus dapat menjalin silaturahmi dan kekompakan

“Dengan harapan kedepanya kegiatan ini dapat menggugah masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terus di lakukan’ tutupnya. (Eka).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini