Cegah Ancaman Narkoba, Pemkab Morotai Launching Desa Bersinar

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, Maluku Utara resmi melaunching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang berlangsung di SD Unggulan 1, Morotai Selatan, jumat (17/09/2021).

Launching Desa Bersinar di Kabupaten Pulau Morotai ini dibarengi dengan penandatanganan kesepahaman (MoU) antara Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara dengan Pemkab Pulau Morotai tentang Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan).

Bupati Morotai Benny Laos, dalam sambutannya mengatakan Launching Desa Bersinar hari ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020 tentang Peredaran Narkoba.

Benny berharap kegiatan yang dilaksanakan ini, tidak hanya launching semata, tetapi bagaimana kita memberikan pemahaman kepada masyarakat dan anak-anak sekolah tentang Bahaya Narkoba.

Baca Juga :  Kapolsek Panai Tengah Pimpin Pengamanan Pilkades Serentak

“Saya berharap Kepala BNNK Pulau Morotai memberikan sosialisasi jenis-jenis Narkoba sehingga masyarakat dan anak-anak sekolah tahu apa yang harus dihindarkan dan apa yang tidak dihindarkan terkait dengan bahaya Narkoba,”harapnya

Sambutan Bupati Morotai

Menurut Benny, terdapat 2 ancaman bagi Anak Sekolah, pertama, ancaman terhadap pelecehan seksual dan kedua ancaman terhadap narkoba, untuk itu, pihaknya mengharapkan dengan terlaksananya Launching Desa Bersinar maka Pulau Morotai betul-betul terbebas dari dua ancaman tersebut.

Dikesempatan itu, Benny juga mengingatkan kepada Relawan Desa Bersinar agar bekerja dengan tulus dan iklhas dalam mensosialisasi dan mengkampanyekan tentang anti Narkoba, “sampaikan kepada seluruh khalayak masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba hal ini untuk menyelamatkan generasi, ingat, di dalam generasi itu ada anak-anak kita sendiri,”bebernya

Baca Juga :  264 Pendaftaran Calon Pengawas Pemilu Tahun 2024 Mubar, Resmi di Tutup

Sementara untuk Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan), Benny menjelaskan bahwa Kotan ini merupakan satu rangkaian kesatuan dari seluruh Desa Bersinar.

“Maka, saya mohon kepada Kepala BNNK Morotai untuk memberikan pemahaman kepada semua relawan dan aparatur desa dan BPD agar mengetahui jenis-jenis narkoba,”pintanya

Selain itu, BNNK Morotai juga harus mengajarkan sistematis pengedar, pengkonsumsi Narkoba kepada seluruh relawan Desa Bersinar sehingga lebih masif menyelamatkan Morotai dari bahaya Narkoba.

Sekilas Benny mengungkap bahwa di dalam internal Pemkab Morotai juga ada yang menggunakan Narkoba, untuk itu pihaknya menegaskan kepada para Kepala Desa dan Camat untuk melaksanakan konsolidasi aktif bersama Forkopincam sehingga setiap minggu terdapat 2 – 3 desa yang dilakukan tes Urin Narkoba.

Baca Juga :  Sebagian Besar Pekerja Pariwisata NTB Dirumahkan Tanpa Pesangon
Penandatanganan MoU antara Kepala BNNP Malut dan Bupati Morotai

Usai sambutan, Kepala BNNP Maluku Utara, Brigjen. Pol. Wisnu Handoko, S.IK.,MM bersama Bupati Benny Laos melaksanakan Penandatangan MoU tentang Kota Ancaman Tanggap Narkoba.

Selanjutnya, Kepala BNNP Maluku Utara, Bupati Morotai didampingi Forkopimda Morotai, Sekda Morotai, Andarias Thomas, Kepala BNNK Morotai, Jainuddin H. Samad, Kepala Dinas PMD, Marwan Sidasi, Para Camat, Kabid Pemdes DPMD Morotai, Firdaus Samad dan Para Relawan Desa Bersinar melakukan pemukulan gong dan tiva sebagai tanda dilauncingnya Desa Bersinar di Kabupaten Pulau Morotai. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini