Capaja TNI AD TA 2022 Pamitan Kepada Masyarakat Kota Magelang

Kota Magelang, wartaterkini.newsSejumlah 287 Taruna/Taruni (269 Taruna, 18 Taruni) Capaja 2022 berpamitan dengan masyarakat Magelang dengan sebuah Kirab. Kirab ini merupakan salah satu bentuk Tradisi Korps untuk pamitan kepada masyarakat di Kota Magelang, Sabtu(02/07/2022).

Sebelum melaksanakan kirab, Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil terlebih dahulu dilaksanakan Upacara di Alun-alun Kota Magelang dengan Inspektur Upacara Wakil Walikota Magelang K.H. Drs. M. Mansyur, M.Ag. Hadir dalam acara ini segenap pejabat, baik sipil maupun TNI/Polri di wilayah Kota Magelang. Antara lain Kapolres Magelang Kota, Kajari Kota Magelang, Komandan Kodim 0705/Magelang dan pejabat lainnya.

Wakil Walikota Magelang K.H. Drs.M. Mansyur, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan “selamat” kepada seluruh Taruna/Taruni Tingkat IV atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun di Akademi Militer Magelang. Ucapan selamat juga ditujukan kepada lulusan terbaik yang berhak atas penghargaan Adhimakayasa bagi Taruna dan Anindya Wiratama bagi Taruni serta Aditya Pinasti Terbaik Tugas Akhir.

Baca Juga :  Kunjungi Candi Kedaton Muaro Jambi, Presiden: Peradaban Indonesia Dikenal Dunia Sejak Lampau

Wawali berharap kepada seluruh Taruna/Taruni agar prestasi yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan di Akademi Militer supaya dipertahankan bahkan ditingkatkan pada saat menempuh pendidikan/penugasan di satuan nantinya.

“Berakhirnya masa pendidikan merupakan langkah awal dari rangkaian panjang dalam mempersiapkan dan menyongsong pengabdian sesungguhnya. Yaitu sebagai Perwira TNI AD yang akan ditempatkan di seluruh penjuru Tanah Air,” harap Wawali Mansyur.

Wakil Walikota Magelang juga berpesan, agar para Taruna/Taruni dapat menjaga nama baik almamater, korp maupun Kota Magelang. Para Taruna/Taruni juga dipesan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kota Magelang di mana pun para Taruna/Taruni bertugas.

“Agar Kota Magelang dapat semakin besar, maju dan sejahtera,” pesannya.

Kemudian dilanjutkan sambutan Gubernur Akmil menyampaikan, Acara Kirab Kota Magelang bagi Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar TP 2021/2022 bertujuan untuk mohon diri kepada Masyarakat Kota Magelang. Sehubungan dengan telah selesainya para Taruna/Taruni Tingkat IV/Sermatutar TP 2021/2022 tersebut menempuh pendidikan di Akademi Militer selama kurang lebih empat tahun. Sekaligus memohon doa restu kepada warga Kota Magelang dan sekitarnya.

Baca Juga :  BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Capai 6 Persen

Selama kurun waktu empat tahun tersebut, tentunya banyak kenangan suka dan duka yang dialami para Taruna/Taruni yang tidak mungkin dapat dilupakan.

“Karena selama kurun waktu tersebut para Taruna/Taruni sudah menjadi bagian dari masyarakat Kota Magelang,” ucapnya.
Gubernur Akademi Militer dan seluruh Civitas Akademika Akademi Militer sangat berterima kasih, terutama kepada Walikota Magelang beserta segenap Pejabat Forkopimda Kota Magelang. Serta segenap masyarakat Kota Magelang, atas dukungan dan kerjasamanya selama ini dengan Akademi Militer.

“Yaitu dalam mempersiapkan calon-calon Perwira TNI maupun TNI AD sebagai pengawal kedaulatan wilayah NKRI yang sangat kita cintai bersama,” imbuh Gubernur Akademi Militer.

Diketahui bahwa para Taruna/Taruni Tingkat IV tersebut telah melaksanakan Penutupan Pendidikan, Wisuda Sarjana dan Sumpah Prajurit pada Kamis (30/07/2022) lalu di hadapan Staf Angkatan Darat. Kemudian pada tanggal 14 Juli 2022 akan mengikuti Prasetya Perwira (pelantikan sebagai Perwira Remaja) di Istana Negara, Jakarta

Baca Juga :  Harapan Taj Yasin Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Miliki Akses Aplikasi Integrasi Satu Data

Gubernur Akademi Militer mewakili segenap Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar TP 2021/2022 dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat, mohon diri. Serta pamit kepada Walikota Magelang beserta jajarannya dan segenap Warga Kota Magelang dan sekitarnya.

“Mohon maaf apabila selama para Taruni/Taruni menempuh pendidikan di Akademi Militer dan bergaul dengan Warga Kota Magelang terdapat kekhilafan. Serta mohon doa restunya semoga menjadi pemimpin yang dapat dibanggakan, dicintai dan mencintai rakyatnya,” ucap Mayjen Legowo.

Selanjutnya di depan panggung kehormatan peserta Kirab Taruna/Taruni Tingkat IV Akademi Militer ini menyampaikan penghormatan. Ditujukan kepada Gubernur Akmil dan Walikota Magelang beserta para pejabat Distribusi Akmil juga para Pejabat Forkopimda Kota Magelang lainnya.

Kirab dengan drumband keliling Kota Magelang dan mendapat sambutan hangat warga masyarakat yang telah menanti dari pukul 12.00 WIB. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini