Capaian Vaksinasi Covid-19 di Tikep Masih Sangat Rendah

oleh -177 views

Tidore Malut, wartaterkini.news– Perkembangan terkini vaksinasi covid-19 di Kota Tidore Kepulauan. Satuan tugas percepatan dan penanganan covid-19 (Satga Covid-19) melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya terus melakukan upaya pemutusan mata rantai penularan covid-19, di Kota Tidore Kepulauan.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan program vaksinasi, yang diberikan kepada masyarakat, sampai pada hari ini Kamis, 22 Juli 2021, total sasaran di Kota Tidore Kepulauan yang sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis 1 sebanyak 13.664 jiwa (15,7%).

Sementara sasaran yang sudah mendapatkan 2 kali dosis lengkap vaksinasi covid-19 sebanyak 6.242 (7,2%) jiwa, dari total sasaran 86.996 jiwa yang harus divaksinasi. Kamis (22-07-2021).

Menurut juru bicara satgas covid-19 Tikep Ns. Saiful Salim, S.Kep, bahwa kekebalan komunitas (Herd Immunity) dapat terbentuk jika capaian vaksinasi covid-19 dosis lengkap yakni 2 kali suntikan vaksinasi mencapai minimal  70 % dari sasaran penerima vaksin.

Baca Juga :  Vaksinasi Perdana Covid-19, Bupati dan Ketua DPRD Palas Gagal Divaksin

Dikatakanya melihat jumlah sasaran yang sudah mendapatkan 2 kali dosis lengkap vaksinasi covid-19 yang saat ini sangat minim, yakni baru mencapai 6.242 jiwa (7,2 %) dari sasaran 86.996 jiwa tentunya masih jauh dari harapan terbentuknya kekebalan komunitas tersebut.

“Sementara saat ini kasus terkonfirmasi positif kita terus meningkat dimana per tanggal 22 Juli 2021 kasus aktif mencapai 335 kasus dan sementara dirawatdi RSD Tidore sebanyak 31 pasien”,jelasnya

Yang menjadi kendala saat ini disaat kasus meningkat capaian vaksinasi kita masih sangat rendah, bisa diartikan bahwa masih sekita 6 ribuan masyakarkat Kota Tidore Kepulauan yang antibodnya sudah terbentuk lengkap secara buatan melalui vaksinasi,

Baca Juga :  Mawardi Yahya Berharap Tokoh Agama Dapat Menjembatani Hubungan Antar Umat Beragama

Sedangkan kurang lebih 80 ribuan masyarakat yang belum terbentuk antibodynya, belum lagi masyarkat yang belum masuk sasaran seperti anak-anak dan bayi balita yang tentunya jumlahnya lebih dari sasaran penerima.

“Ini tentunya menjadi potensi terpapar atau ancaman juga buat kita”,katanya

Untuk itu Satuan Tugas Percepatan Penangnan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan meminta kepada seluruh masyarkat, terutama Usia Lanjut dan masyarakat umum serta masyarakat rentan yang berdasarkan data capaiannya masih sangat rendah agar mengikuti program vaksinasi ini, begitu juga yang sudah mendapatkan dosis 1 agar tetap megikuti vaksinasi dosis 2 sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Mendagri Sesalkan Penyerangan Petugas KPK

“Karena antibody bisa terbentuk sempurna jika telah menerima vaksinasi 2 kali dosis lengkap, hal ini guna mengejar target Herd Immunity Kota Tidore Kepulauan”, Imbau Saiful.

Selain upaya pencegahan penyebaran covid-19 melalui upaya vaksinasi, hal yang paling terpenting juga saat ini kepatuahan masyarakat dalam hal Protokol Kesehatan 5 M (Mencuci tangan, makai masker, menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Menurangi Mobilitas).

“Saya mengajak kita semua untuk satukan komitmen bulatkan tekad menuju “Tidore Kebal Covid-19” dengan Gertak Delta Serbu Vaksin (Gerakan Tolak Delta dengan Serbuan Vaksin)”,tutup Saiful. (Iswan/Red).

Print Friendly, PDF & Email