banner 728x250

Capai Target 96,12 %, Dinkes OKU Selatan Launching UHC

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan setempat melaunching Universal Healt Coverege (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang ditandai dengan prosesi pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten OKU Selatan. Kamis (14/12/2023).

Sekda OKU Selatan M Rahmatullah saat melaunching UHC JKN di aula kantor Bupati OKU Selatan, mengaku bersyukur program JKN-KIS yang diamanatkan ke BPJS Kesehatan menjadi program strategis yang mendukung misi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terkait penguatan pelaksanaan perlindungan sosial di bidang kesehatan.

“Kita sangat bersyukur dari target 95 persen yang diprogramkan pada hari ini, Kabupaten OKU Selatan sudah mencapai 96,12 %, artinya sebagian besar masyarakat OKU Selatan sudah terjamin kesehatannya, mudah-mudahan tahun depan target 98 % yang diprogramkan bisa kita capai,” ucapnya.

Baca Juga :   Pawai Pembangunan HUT RI Ke-78 di OKU Selatan, Beri Berkah Tersendiri Bagi Pedagang

Pihaknya juga terus mengupayakan agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan yang terbaik, baik dari segi sarana dan prasarana, tenaga kesehatan hingga upaya penurunan angka stunting.

“Dengan adanya jaminan kesehatan diharapkan derajat kesehatan masyarakat akan semakin meningkat,” tandasnya

Sementara itu, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah III Provinsi Sumsel Yudi Bastia mengapresiasi Pemkab OKU Selatan, atas capaian 96,12% warganya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Terkait UHC, tambahnya, merupakan cakupan kepesertaan program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95% dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Baca Juga :   Cegah DBD Dinkes OKU Selatan Lakukan Fogging dan Tebar Abate

“Target yang dicanangkan pemerintah pada 2024 yakni 98 %, mudah-mudahan Kabupaten OKU Selatan bisa memenuhi target tersebut dan berharap tahun depan keseluruhan masyarakat sudah terdaftar,” harapnya.

Kepala dinas Kesehatan kabupaten OKU Selatan dr Meri Astuti dalam laporannya mengatakan, Kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa.

“Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) mempunyai 17 poin tujuan yang berlaku sejak 2016. Salah satu capaian yang ingin diwujudkan pada poin ketiga tujuan SDGs, yakni Universal Health Coverage (UHC),” jelasnya

Lebih lanjut ia mengatakan sejak 01 Desember 2023 telah tercatat 401.808 jiwa atau mencapai 96,12% penduduk kabupaten OKU Selatan telah dilindungi oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga :   OKI Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Alam

“Terdapat 26 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan 1 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan telah menjadi mitra BPJS Kesehatan yang dapat melayani masyarakat khususnya penduduk OKU Selatan,” tandasnya (Red)