Bupati Sumba Barat Canangkan BBGRM Ke-16 di Desa Pala Moko

oleh

Waibakul Sumba Barat NTT, Wartaterkini.News– Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG – PKK) ke 47 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 26 tingkat Kabupaten Sumba Barat pada, Kamis (23-05-2019) di Desa Pala Moko Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat.

Turut hadir Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Wakil Buapti Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP, Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Eko Wardono, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak I Gde Putu Noviyartha, SH, MH, Kejari Sumba Barat Muhammad Sundoro Adi, SH, Kadis PMD Provinsi Drs.Sinun Petrus Manuk, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Pimpinan OPD, Pimpinan Bank NTT, Pimpinan Bank BRI,Camat se – Sumba Barat, Kades se – Kecamatan Lamboya, Masyarakat.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas dan Keamanan Wilayah, Pemda dan Polres OKU Selatan Siap Bersinergi

Kadis PMD Provinsi Drs. Sinun Petrus Manuk mengatakan Gotong Royong bukan hanya dijadikan sebagai slogan atau sebatas kata-kata saja, namun harus dibuktikan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari hari. Budaya Gotong Royong harus diwujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, karena Gotong Royong merupakan kekuatan dan modal social dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam menatap masa depan yang lebih baik.

“Di harapkan dengan momentum pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong yang dilaksanakan ini. Sebagai wahana untuk kembali mengingatkan dan menanamkan kepada seluruh masyarakat, Akan arti penting dan manfaat budaya Gotong-Royong di dalam kehidupan bermasyarakat”. ungkap Petrus.

Baca Juga :  Konferensi PGRI Sebagai Organisasi Profesi Berperan Meningkatkan Mutu Pendidikan Abad Ke-21

Kadis PMD Sumba Barat Jeffry Ndapamerang mengatakan pencanangan kali ini akan dilaunching Bumdes yang lahir dari wilayah paling selatan Sumba Barat yaitu Bumdes Mada Ole Desa Wetana Kecamatan Lamboya Barat. Bumdes ini bergerak dibidang pengolahan hasil pertanian dengan produk yang dihasilkan berupa beras gogo (padi ladang)yang memiliki ciri khas wangi dan enak.

“Melalui kesempatan yang berbahagia ini, kami mohon kesediaan kita bersama – sama untuk mempromosikan bumdes”. ungkap Jeffrey.

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dalam sambutannya mengatakan kegiatan tahunan ini ditujukan untuk membangun, menumbuh kembangkan dan melestarikan semangat kebersamaan budaya bergotong-royong bagi masyarakat. Gotong-royong adalah ciri khas Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Sumba Barat yang harus terus dijaga kelestariannya sampai ke generasi penerus kita.

Baca Juga :  Pemkab Jepara Terima Hibah 500 Tabung Gas Oksigen dari Kemenperin RI

Ditambahkannya, Pencanangan BBGRM 16 & HKG ke-47 tingkat Kabupaten Sumba Barat juga untuk mengupayakan pendayagunaan peran Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan sebagai Mitra Pemerintah Desa dan Kelurahan.
Olehkarena itu.

“Bupati berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini, peran serta dan keberdayaan lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan sebagai Mitra Pemerintah Desa Kelurahan harus berfungsi sebagai lokomotif penggerak peran serta aktif masyarakat,” ungkap Niga. (Yunia/Red)

Print Friendly, PDF & Email