banner 728x250

Bupati Pamekasan Menganugerahkan Apresiasi kepada Desa Bicorong dan Klompang Barat atas Inovasi Desa Mandiri

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mengungkapkan kepuasannya terhadap upaya inovatif yang dilakukan oleh pemerintah desa (pemkab) dalam mendorong perkembangan desa menjadi mandiri.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Pamekasan saat menghadiri safari ramadhan di Kantor Kecamatan Pakong, yang dihadiri oleh kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pada Minggu (2/4/2023) sore.

Bupati Baddrut Tamam menyampaikan rasa terima kasih kepada dua desa di Kecamatan Pakong, yaitu Desa Bicorong dan Desa Klompang Barat, yang telah mengambil langkah inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Kedua desa tersebut telah mengembangkan potensi desa menjadi sumber perekonomian baru.

Baca Juga :   Pemkab Pamekasan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui Pelatihan Wirausaha Gratis

“Dalam pelaksanaan semua rencana dan upaya yang telah kita lakukan, saya sangat mengapresiasi keberhasilan Kepala Desa Bicorong dalam merencanakan pengelolaan gas dan Kepala Desa Klompang Barat dalam mendirikan pasar hewan serta melakukan inovasi lainnya. Semoga semua langkah ini berjalan lancar,” ujar Bupati Baddrut Tamam dalam sambutannya.

Camat Pakong, Eka Judya Setiawan, mengungkapkan bahwa beberapa desa di wilayahnya telah mengimplementasikan inovasi sesuai dengan keinginan pemerintah kabupaten (pemkab). Salah satunya adalah Desa Klompang Barat dan Desa Bicorong, serta beberapa desa lainnya. Pasar hewan di Desa Klompang Barat akan dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes).

“Kami bersyukur melihat kemajuan pasar hewan di Desa Klompang Barat, yang saat ini telah memiliki bangunan kantor BUMDes. Tempat ini nantinya akan menyediakan layanan tiket karcis,” jelasnya.

Baca Juga :   Lapas Pamekasan laksanakan pembukaan program rehabilitasi tahun 2023 dan penandatanganan MOU

Sementara itu, pemerintah desa Bicorong telah melakukan inovasi dengan mengelola limbah menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan memasak dan lainnya. Hal ini berdampak positif dalam mengurangi beban biaya hidup masyarakat.

“Desa Bicorong berhasil mengelola limbah tahu menjadi biogas, yang nantinya akan dikelola oleh BUMDes juga. Ini adalah inovasi yang sangat bernilai,” tambahnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, sekali lagi menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum dalam mendukung program-program pemerintah kabupaten. Beberapa program yang telah dilaksanakan mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, dan reformasi birokrasi.

Baca Juga :   Lapas Pamekasan dan BNN Optimalkan Konseling Individu bagi Warga Binaan

Dalam bidang pendidikan, terdapat program beasiswa untuk santri dan program pendidikan tingkat doktor, sementara dalam bidang kesehatan, masyarakat*(Mz/Red)