Bupati OKU Selatan Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

OKU Selatan,wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mendapatkan Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik yang diberikan oleh Pemprov Sumsel. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, Senin ( 3/12/2018) bertempat di Griya Agung Palembang.

Penghargaan ini merupakan hasil seleksi dalam Lomba Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU ) Selatan merupakan salah satu kabupaten yang mengikuti lomba ini. Karya yang berbentuk video dengan judul Predator Ulung Petugas Perekam Data Untuk Penduduk di Pegunungan dan Perbukitan menjadi salah satu karya yang disiapkan untuk mengikuti lomba.

Video tersebut menceritakan perjuangan staff Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam melayani masyarakat yang tinggal di pelosok. Sebutan Predator Ulung ini dimaksudkan kepada staff Disdukcapil yang berjuang menunaikan kewajiban melayani seluruh masyarakat OKU Selatan. Bukan hanya masyarakat yang ada di kota dan mudah dijangkau namun juga untuk masyarakat yang tinggal di ujung kabupaten. Perjalanan menuju lokasi merupakan tantangan tersendiri bagi Predator Ulung ini.

Baca Juga :  Fasilitasi Pengembangan Bakat Pemuda, Kecamat Kisam Tinggi Bangun Lapangan Voli

Jalan yang ditempuh belum tersentuh pembangunan sama sekali. Karena letak daerah yang di pelosok, jalan menuju lokasi masih jalan setapak yang sempit dan juga licin. Apalagi jika baru tersiram hujan, jalan akan sangat sulit untuk dilewati. Namun semangat untuk melayani masyarakat tidak menyurutkan langkah mereka. Meski harus menempuh jarak yang jauh dan melewati jalan yang penuh hambatan, sang Predator Ulung tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Video tersebut merupakan program yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Selatan. Sedangkan untuk pembuatan video dilakukan oleh team Infokus TV Setda OKU Selatan.

Pada kesempatan ini, tampak hadir Deputi Pelayanan Publik Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi , Diah natalisa. Diah mengatakan jaringan inovasi pelayanan publik ini bertujuan untuk wadah pembelajaran dan berbagi pengalaman tentang inovasi pelayanan publik bagi aparatur sipil negara.

Sementara itu,Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dalam sambutannya mengatakan dirinya mengajak seluruh jajaran perangkat daerah untuk terus membenahi dan memperbaiki pelayanan pada masyarakat. Herman Deru juga mengucapkan kepada kabupaten / kota yang mendapatkan penghargaan inovasi pelayanan publik, jangan cepat merasa puas dan terus mengevaluasi untuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Merapi Luncurkan Guguran Lava Sejauh 870 Meter

“Dengan diperolehnya penghargaan ini , kabupaten / kota yang mendapatkan penghargaan janganlah merasa puas lalu terlena. Teruslah mengevaluasi kinerja untuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat”, ujar Deru.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, yang juga hadir pada acara ini mengharapakan agar seluruh instansi di pemerintahan Kabupaten OKU Selatan untuk terus berinovasi agar masyarakat merasa benar – benar terus dilayani. Bupati juga berharap agar semua inovasi dipublikasikan ke seluruh media massa dengan tujuan agar masyarakat tahu apa yang telah dilakukan oleh pemerintah.

“Semua informasi dan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten OKU Selatan hendaknya dipublikasikan ke seluruh media massa, agar masyarakat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah”, kata Popo.

Baca Juga :  Sedih.! Perangkat Desa Sakita Morotai, 6 Bulan Tidak Terima Gaji

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Lia Tirtayana, M.Si, saat dihubungi via WA mengatakan sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima oleh Bupati OKU Selatan. Dia juga menambahkan dari 17 kabupaten / kota yang ikut seleksi hanya 3 kabupaten / kota yang mendapatkan penghargaan, salah satunya diraih oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui program yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Selatan.

Pada Tahun 2019 mendatang pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan kembali mengikuti Lomba Inovasi Pelayanan Publik. Program yang akan diikutsertakan dalam lomba tersebut

Diantaranya Dinas Dukcapil yang akan mengangkat cerita predator ulung dan pemberian pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak ( KIA) di sekolah, Dan BKPSDM yang akan mengangkat cerita pelayanan kepegawaian satu pintu berbasis digital , serta dari Bagian Humas dan Protokol juga tidak ketinggalan akan ikut serta dalam lomba ini dengan tema layanan informasi publik audio visual berbasis digital. (Ayik/Red/Adv)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini