Bupati OKU Selatan Intruksikan Seluruh Kepala Desa dan Camat Dirikan Posko Jaga

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Merebaknya virus corona atau covid-19 membuat Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan aktif dalam melakukan aksi nyata dengan terus melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi serta pengarahan kepada semua masyarakat yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Selasa (31-03-2020).

Bupati OKU Selatan, Popo Ali, yang di dampingi Wakil Bupati dan Kapolres OKU Selatan ditengah kesibukannya mengomandoi penyemprotan disinfektan mengatakan menginstruksikan seluruh kepala desa dan camat yang ada di kabupaten OKU Selatan untuk segera mendirikan Posko jaga di pintu keluar masuk desanya masing-masing.

Baca Juga :  Basarnas: Tiga Korban Kapal Tenggelam belum Ditemukan

“Hal tersebut kita lakukan guna mencegah wabah virus Corona yang saat ini sedang melanda di berbagai daerah, bahkan provinsi Sumatera Selatan sendiri sudah menjadi darurat Corona”. ujar Popo.

Selain itu dengan didirikannya posko gugus tugas atau posko virus corana di desa maupun di kecamatan dapat memudahkan pemerintah daerah dan tim kesehatan dalam memantau dan mendata warga yang pernah melakukan perjalanan keluar kota maupun warganya yang baru mudik serta memudahkan sosialisasi juga pengecekan status warganya.

Baca Juga :  Upacara Hut OKU Selatan Ke-16, Popo Ali Ajak Masyarakat Meriahkan Rangkaian Kegiatan

Dengan membuka sebuah posko pemeriksaan, maka akan mudah bagi masyarakat untuk melakukan chek up jika mempunyai gejala-gejala yang menyerupai Covid 19 tersebut.

“Jadi jika pos tersebut sudah didirikan, pemerintah desa bisa mengetahui keluar masuknya warga ke desa mereka sehingga dapat melapor ke pihak kecamatan dan pihak puskesmas atau pemerintah daerah guna mengantisipasi virus Corona”. jelas popo

Popo juga menghimbau masyarakat kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang saat ini masih ada di rantau agar bisa menunda untuk pulang kampung demi kebaikan bersama. Jika ada masyarakat OKU Selatan yang sudah telanjur pulang kampung, diminta untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan desa setempat lalu isolasi diri secara mandiri.

Baca Juga :  PMI OKU Selatan Gelar Pelatihan PMR

“Kami tidak melarang para perantau untuk tidak pulang kampung namun alang baiknya ditunda dulu sampai wabah virus ini selesai. Bagi pemudik yang sudah terlanjur mudik, tolong ikuti himbauan pemerintah. Bukan berarti kami memvonis pemudik atau pendatang itu positif terjangkit covid-19”. jelas popo

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini