Bupati Morowali Resmikan Vihara Dhamma Raharja Budha

Morowali Sulteng, wartaterkini.news – Bupati Morowali, Drs. Taslim resmikan rumah ibadah Agama Budha Vihara Dhamma Raharja, di Desa Laantula Jaya, Kecamatan Witaponda, Sabtu (23/07/22).

Kegiatan yang berlangsung lancar dan tertib turut disaksikan Wakil Ketua I DPRD Morowali, H. Syarifudin Hafid, SH, sejumlah anggota DPRD Morowali, Kementerian Agama Prov Sulteng, Kementerian Agama Kabupaten Morowali, sejumlah kepala OPD, Tokoh agama Budha, Camat Witaponda, Nasron, S.Sos bersama jajarannya, Kades, BPD se Kecamatan Witaponda dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Morowali, Taslim sangat mendukung keberagaman suku, agama, dan budaya di Kabupaten Morowali, termasuk agama Budha. Pasalnya keberagaman tersebut merupakan suatu kekuatan besar membangun NKRI pada umumnya dan khususnya Morowali yang lebih baik, maju dan berkembang menuju masyarakat sejahtera bersama.

Baca Juga :  Presiden Lantik Muhammad Syarifuddin Sebagai Ketua MA

‘’Indonesia adalah negara yang dihuni berbagai suku, agama, dan budaya. Perbedaan tersebut merupakan suatu kekuatan besar membangun NKRI yang lebih baik. Olehnya dengan keberagaman tersebut mari memperkokoh dan memperteguh persatuan kita dalam rangka mencapai cita-cita pendiri bangsa mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera, adil dan makmur, dengan saling menghargai tanpa ada perbedaan antara suku, agama, budaya yang satu dan yang lainnya. Begitupun halnya di Kabupaten Morowali, Jika kita patuh dan taat terhadap agama kita masing-masing, maka yakinlah Morowali akan jauh lebih baik lagi,’’ tutur Taslim

Baca Juga :  Kemenko Maritim - FTUI Bersinergi Kembangkan Konsep Rumah Kontainer Untuk Daerah Rawan Bencana

Tidak hanya itu, Orang nomor satu di Bumi Tepe Asa Moroso itu juga, bakal memberikan bantuan pengembangan rumah ibadah agama Budha di Tahun 2023 sebesar 1 Milyar Rupiah.

‘’Vihara ini masih membutuhkan penyempurnaan. Pemerintah tentunya punya tanggungjawab untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan masyarakatnya. Olehnya untuk penyempurnaan pembangunan Vihara tersebut, Insya Allah Tahun 2023 kita akan memberikan bantuan rumah ibadah yang menjadi Program pemda Morowali saat ini,’’ ungkap Taslim

‘’Jika Agama lainnya sebesar 1 Milyar Rupiah, maka untuk Agama Budha juga akan diberikan bantuan serupa yakni sebesar 1 Milyar Rupiah. Mudah-mudahan, bantuan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai penunjang pengembangan syi’ar agama bagi generasi mudanya sehingga bisa menjadi umat yang mampu berpartisipasi membangun tanah air dan lebih khusus kabupaten Morowali.,’’ tambah mantan anggota DPRD Morowali tersebut

Baca Juga :  Jelang Hari Raya, Aktifitas Penerbangan Morotai Tetap Stabil, Rute Penerbangan Manado-Morotai Resmi di Buka

Diketahui, selain rumah ibadah tempat berdo’a bagi penganut agama Budha. Vihara juga berfungsi sebagai sarana sosial kemasyarakatan, pendidikan, pengembangan budaya, dan tempat membangun komunikasi umat Budha di Indonesia.

Diakhir kegiatan, Bupati Morowali bersama Tokoh Agama Budha menandatangani prasasti dan pengguntingan pita pertanda resminya pemfungsian Vihara Dhamma Raharja di Kabupaten Morowali. (MA/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini