Bupati Askolani: Pemdes Peran Aktif Realisasikan SDGs Desa

Banyuasin Sumsel, wartaterkini.news–Kepala Desa berkewajiban dukung Pemerintah Daerah sebagai pemimpin penyelenggaran pemerintahan desa. Fokus Kepala Desa tidak terlepas dari Kepimpinan, Optimalisasi Tugas, Hak, Kewajiban dan Kewenangan sebagai Kepala Desa.

Penegasan itu disampaikan Bupati Banyuasin pada saat membuka Bimbingan Teknis Pembinaan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa di Hotel Wyndham Jakabaring, Kamis (17/11) malam.

Pemerintah Desa berperan aktif dalam merealisasikan Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa). Di dalam nya mencakup kondisi masyarakat dengan beberapa parameter masing-masing, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kesehatan dan pendidikan berkualitas.

Dalam sambutannya dan arahannya Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH mengingatkan kembali tentang tugas Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah sampai dengan Pemerintah Desa. Dimana untuk mewujudkan Pemerintahan dengan sistem pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik, nyaman, aman dan tertib.

Baca Juga :  459 Warga Perumahan Alghony Residen Korban Banjir Harapkan Bantuan Makanan Dari Bupati Banyuasin

Dengan diadakannya Bimtek ini yang bertujuan untuk Pemerintah Desa benar-benar hadir ditengah-tengah masyarakat sehingga kehadiran dari Kepala Desa dapat mengetahui serta dapat membantu permasalahan dari masyarakat.

“Adanya Bimtek ini diharapkan Kepala Desa mampu menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik, dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat sehingga apabila Kepala Desa menunjukkan kinerja yang bagus dalam penyelenggaran pemerintahan desa. Maka akan berpengaruh juga pada kinerja Pemerintahan pada tingkat Provinsi, Kabupaten, hingga Pusat,” ungkapnya.

Dilanjutkan Askolani, pahami apa yang menjadi tugas dan fungsi desa dalam mendukung visi Pemerintah Kabupaten Banyuasin, yakni Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera serta misi Pemerintah Banyuasin diantaranya meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi melalui pendidikan dan kesehatan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat, meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

Baca Juga :  OKU Segera Miliki Bus Tujuan Baturaja - Bandara SMB II

“Adanya Bimtek ini agar para peserta bisa mengikuti Bimtek ini dengan serius, karena inilah kesempatan Kepala Desa untuk belajar mendapatkan ilmu demi kemajuan di desa masing-masing. Dalam rangka membangun desa dan dapat membawa nuansa baru bagi desa pasca mengikuti kegiatan Bimtek ini,” ujarnya.

Pelaksanaan Bimtek yang telah dilakukan agar dapat memberi manfaat guna menjadikan keberhasilan kita bersama dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga diharapkan bisa mengantarkan desa sebagai bumi yang “Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur”. Dan bisa tetap menjalankan 7 (Tujuh) program prioritas dan 12 (Dua Belas) gerakan bersama masyarakat agar dapat terimplementasi secara optimal.

“Pemkab Banyuasin juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lembaga Pengembangan Aparatur Negara (Lempana) yang telah memfasilitasi Bimtek ini dengan baik dan lancar. Kepada narasumber juga agar memberikan materi dengan sejelas-jelasnya sehingga para peserta dapat memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Desa,” tutup Askolani.

Baca Juga :  Peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, Bupati Banyuasin: Ini Bukti Nyata Sinergitas Insan Pers dan Pemerintah

Turut hadir dalam pembukaan Bimtek Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH.,M.SI, PJ Sekda Banyuasin Hasmi, S.Sos.,M.SI, Staf Khusus Bupati Amirul, SH.,MH, Direktur Sei Sembilang Heriyadi, SP, Kepala Dinas PMD Rayan Nurdinsa, S.STP.,M.SI, Kepala Dinas Kominfo Dr. H. Salni Pajar, S.Ag.,M.HI, Kajari Banyuasin Diwakili Kasi Intel Willy Pramudya, SE.,SH, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banyuasin, Ketua Umum Lempana, Para Kepala OPD, Para Camat Dalam Wilayah Kabupaten Banyuasin, Para Peserta Bimbingan Teknis. (SMSI Banyuasin)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini