Budidaya Ikan Lele, Upaya Pemdes Talang Padang Pulihkan Perekonomian Warga

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Sukseskan program ketahanan pangan tingkat desa melalui anggaran dana desa, Pemerintah Desa Talang Padang, Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan tabur ribuan bibit ikan air tawar jenis ikan lele untuk budidaya ikan.

Kegiatan tabur bibit ikan untuk budidaya ikan lele tersebut berlangsung di desa Talang Padang, Kecamatan Buay Pemaca, kabupaten OKU Selatan. Rabu (31/08/2022).

Hadir pada kegiatan ini Camat Buay Pemaca yang diwakili Kasi Kesos, Kepala desa, perangkat desa, beserta pendamping desa, Karang Taruna desa dan masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Talang Padang, Sulaidi mengatakan program ketahanan pangan berupa budidaya ikan ini berdasarkan hasil musyawarah perangkat desa dan pendamping desa.

Baca Juga :  Hadirkan Autobot Transformers, Petugas Gabungan Ajak Warga Tes Antigen

“Untuk program ketahanan pangan pada tahun 2022 ini, kami sepakat membudidayakan ikan lele dengan cara melakukan ternak ikan yang ditebar di kolam bioflok”, jelas Kepala Desa

Lebih lanjut Sulhaidi mengatakan, pihaknya memilih ikan lele mengingat lele jenis ikan air tawar sebagai usaha yang cukup menjanjikan dan mudah untuk di budidayakan.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, budidaya ikan ini juga diharapkan dapat membuka peluang kerja, khusus bagi pemuda di desa talang Padang”, ungkapnya

Sulhaidi juga berharap, dengan budidaya ikan lele diharapkan mampu menjawab permasalahan di desa yang sangat kompleks, mulai dari kemiskinan hingga pengangguran.

“Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat desa pasca pandemi Covid-19”,terangnya

Baca Juga :  Bupati OKI Optimis Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Kepala desa juga mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya menabur 25 ribu bibit ikan dalam kolam bioflok diatas lahan seluas seperempat hektar.

“Dari lahan seluas seperempat hektar tersebut, kami sediakan 25 kolam jenis bioflok dengan menyediakan 25 ribu bibit ikan lele”, pungkasnya

Sementara itu pendamping desa Talang Padang, Dedi Candra Irawan.,ST, mengatakan salah satu prioritas penggunaan dana desa yang disesuaikan yakni pemenuhan kebutuhan ketahanan pangan nabati dan hewani sebagai bagian dari pelaksanaan kebijakan nasional.

Secara lengkap penggunaan dana desa tahun anggaran 2022 diprioritaskan pada tiga poin yaitu pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa.

Baca Juga :  Lembaga Anti Narkoba Aceh Singkil , Siap Bangun SDM dan Sapu Bersih Narkoba

“Hal ini sebagaimana tercantum pada pasal 5 ayat 2 peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi no 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022,” ungkap Dedi

Dikatakannya kebijakan ini perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi desa melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa, lahan masyarakat dan lahan yang telah mendapatkan izin.

Lebih lanjut ia mengatakan penggunaan dana desa untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa secara mandiri.

“Dana Desa diharapkan mampu mendukung segala kegiatan, mulai dari produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran”, pungkasnya (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini