banner 728x250

BRIN Teliti Smart Defense untuk Memperkuat Sistem Pertahanan IKN

Jakarta, wartaterkini.news–Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah melakukan pengkajian tentang sistem pertahanan cerdas (smart defense) Indonesia untuk memperkuat pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagimanan dikutip dari keterangan tertulis humas BRIN pada Rabu (6/3/2024), Koordinator Pelaksanaan Kebijakan Pertahanan dan Keamanan BRIN, Gerald Theodorus L.Toruan, mengatakan bahwa IKN nantinya akan menjadi Center Of Gravity (COG) sebagai pusat pemerintahan dan pusat kekuatan pertahanan serta sumber perekonomian baru, namun ia menyampaikan jika masih terdapat kerentanan IKN sebagai COG.

“Kita lihat ada pilar kekuatan Cina dan Amerika Serikat di sekitar IKN. IKN dan kawasan Asia Tenggara lainnya berpeluang menjadi ‘zona penyangga’ atau bahkan ‘medan peperangan’ antara negara-negara besar,” ujar Gerald.

Pihaknya menyampaikan bahwa kajian yang sedang diteliti “smart defense” adalah pertahanan negara yang mengkolaborasikan antara pertahanan militer dan nonmiliter dengan mengedepankan diplomasi serta memanfaatkan teknologi seperti informasi dan komunikasi yang efisien, inovatif dan berketahanan.

Baca Juga :   Patroli Jarak Jauh, Kapolres OKU Selatan Tanam Pohon dan Tabur Bansos

Harapan dengan adanya penelitian tentang smart defense itu, semoga bisa menghasilkan riset yang bisa memperkuat sistem pertahanan di IKN yang akan menjadi jantungnya pemerintahan Indonesia.