BPD Sekecamatan Peninjauan Resmi Dilantik

Baturaja,wartaterkini.news–
Dalam menjalankan pemerintahan yang berpihak kepada rakyat diperlukan pengawasan terhadap pemerintah baik dalam kebijakan dan perencananaan. Jika ditingkat kabupaten / kota ada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) maka untuk ditingkat desa terdapat Badan Permusyawaratan Desa ( BPD). Anggota PBD dipilih oleh warga desa setempat.

Berkenaan dengan hal di atas, Camat Peninjauan melakukan Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) se Kecamatan Peninjauan, Baturaja bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Peninjauan, Kamis 13/12/2018.

Camat Peninjauan, Zahrudin, mengambil sumpah jabatan anggota BPD se kecamatan Peninjauan. Pelantikan berdasarkan surat Bupati OKU No 140/982/kpts/2018 tentang pelimpahan pelantikan Anggota Badan Permusawaratan Desa se Kecamatan Peninjauan. Hadir dalam acara tersebut Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten OKU, Ahmad firdaus, Kapolsek Peninjauan, Iptu Hamid, Karomil Peninjauan diwakili Batituud, Pelda Aris Bintoro, KUA Peninjauan, Amirudin.S.Sos.I, rohaniawan Komang Darke, Kepala Desa se Kecamatan Peninjauan dan undangan lainnya.

Baca Juga :  Toilet Pipis dan Pup Bareng Resahkan Calon Penumpang

Acara diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh KUA Kecamatan Peninjauan, Amiruddin.S.Sos.I.

Dalam sambutannya camat Peninjauan mengajak seluruh anggota BPD yang baru terpilih untuk menjalankan perannya sebagai BPD dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. agar dapat membangun desa nya masing – masing.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ahmad firdaus, mengatakan bahwa BPD harus sesuai dengan peraturan yang ada, harus ada keterwakilan perempuan dan anggota BPD juga harus mengetahui peranan dan fungsinya. Ahmad juga meminta kepada BPD untuk bekerja sama dengan kepala desa dalam membahas dan merancang pembangunan desa.

Baca Juga :  Ambulans Laut Salah Satu Kebutuhan Skala Prioritas Warga Desa Kapoa Barat

“BPD harus berperan aktif, karena BPD bertugas mengadakan pengawasan secara umum, bukan mengawasi secara detail agar tidak terjadi permasalahan. Dan juga Kepala Desa dapat menerima masukan masukan dari BPD. Jangan sampai di Kabupaten OKU ini Kepala Desa tersandung masalah lagi. Cukuplah yang sudah ada jangan terulang lagi” ujarnya.

Diakhir sambutannya Firdaus mengucapkan selamat bertugas kepada BPD yang baru dan mengucapkan terima kasih kepada anggota BPD yang masa jabatannya sudah berakhir atas pengabdiannya.

Baca Juga :  Agus Pemuda Yang Mampu Menyulap Limbah Menjadi Berkah

Selesai acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah, kepada BPD yang baru dipersilahkan melakukan pemilihan struktur kepengurusan dan segera dilaporkan ke kantor DPMD.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Peninjauan, Amirudin, S.Sos dan makan siang bersama. (One/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini