BNN OKI Sosialisasi P4GN dan Tes Urine

OKI Sumsel, wartaterkini.news–Kepala BNN Kabupaten Ogan Komering Ilir AKBP. H. Gendi Marzanto, S.H, M.H bersama Sub Koordinator Sie P2M BNNK OKI Masrohaya La Gaol, M.Kes dan staf BNNK OKI melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN kepada pegawai Kecamatan Pedamaran Timur.

Sosialisasi P4GN dan tes urin ini merupakan implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN oleh Pemerintah daerah Kab. OKI dalam hal ini dilakukan oleh Kecamatan Pedamaran Timur, (3/11/22)

Sosialisasi pun dimulai dengan penjelasan Narkoba, jenis-jenisnya dan efeknya secara teori dan fakta di lapangannya. Narkoba, singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan adiktif lainnya, merupakan zat yang dapat merusak Kesehatan dan juga dapat bermanfaat jika menggunakannya sesuai resep dokter.

Baca Juga :  Lantik 13 ASN Pejabat Administrator dan Pengawas, Ini Pesan Bupati Pamekasan

Dalam pemaparannya, Gendi menjelaskan Narkoba memiliki 3 tingkatan, tingkat pertama yaitu bahan adiktif yang menyebabkan kecanduan, tingkat kedua yaitu psikotropika yang menyebabkan ketergantungan dan ketenangan, serta tingkat terakhir yaitu narkotika yang menyebabkan ketergantungan dan merusak tubuh.

“Ketika sudah mencoba alkohol atau rokok disarankan untuk dikurangi, sebab bahan adiktif memberikan dampak penggunanya.”tuturnya

Masih kata Gendi Seperti halnya rokok, minuman keras juga lama-lama tubuh akan lebih kuat untuk menoleransi minuman keras dan berujung pada oplosan dari bahan-bahan bukan makanan yang dapat membahayakan tubuh.

Baca Juga :  Tiga Organisasi Diguyur Kendaraan Operasional

Setelah merasakan bahan adiktif, seseorang akan lebih berkemungkinan untuk merasakan tingkatan yang kedua yaitu psikotropika. Psikotropika yang seharusnya memberikan dapat bermanfaat untuk memberikan ketenangan sebagai obat resep dokter, dapat disalahgunakan dengan memberikan ketergantungan penggunanya untuk menenangkan diri.

“Ketergantungan ini akan membahayakan diri pengguna disebabkan oleh setiap kali stress atau menemui masalah, pengguna akan membiasakan diri untuk menggunakannya tanpa membatasi diri.”tandasnya.

Baca Juga :  Deteksi Dini Narkoba, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Tes Urine Warga Binaan

Harapan dari kegiatan ini adalah Para Pegawai diharapkan dapat memberikan teladan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, dan dapat menunjukkan integritasnya dalam mengabdi demi bangsa dan negara tercinta.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan tes urine pada seluruh pegawai kantor kecamatan baik ASN maupun pegawai Honor.

Dengan berjalannya tes urin yang tertib dan kooperatif serta hasil tes urin yang menunjukkan negatif, acara pada pagi hari tersebut pun ditutup dengan meriah. (Fitri/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini