BI Sumbar Siapkan Rp 4 Triliun untuk Pemilu dan Ramadan 2024

Padang Sumbar, wartaterkini.news-– Untuk menyambut tiga agenda besar di tahun 2024, Bank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Sumatera Barat akan menyiapkan uang baru sebanyak Rp4 triliun. Diketahui tiga agenda besar itu seperti Pemilihan Umum (Pemilu), Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Sumatera Barat, Endang Kurnia Saputra mengatakan dari Rp4 triliun itu, Rp2,8 triliun untuk Ramadan dan Rp1.2 triliun untuk Pemilu.

“Kita menyediakan uang kartal dan itu di jamin cukup,” katanya saat kegiatan media briefing perekonomian terkini Sumatera Barat, Jumat (19/1/2024) kemarin.

Ia menjelaskan, untuk Pemilu nanti akan memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama di Sumatera Barat.

“Pelaksanaan Pemilu akan berdampak meningkatkan konsumsi masyarakat karena biaya yang digunakan sebesar Rp58 triliun. Masyarakat belanja sehingga banyak efek yang dirasakan oleh masyarakat, apalagi Pemilu yang diprediksi terjadi dua putaran,” jelasnya.

Baca Juga :   Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Sistem Kapal di KKP, Sembilan Saksi Diperiksa KPK

Untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Endang menyebut pemerintah harus mengalokasikan 10 persen untuk biaya pemilu.

“Karena belanja pemerintah daerah terhadap pemilu tergantung transfer pusat ke daerah dan sekitar 51 persen. Untuk Sumbar dampaknya agak terbatas karena tidak sama dengan provinsi-provinsi lain, sehingga mungkin pemerintah harus mengalokasikan 10 persen untuk biaya Pemilu,” kata dia. (MC Padang/Marajo/infopublik)