Bersihkan TPSS Yang Overload, Plt Kades Sukadanau Pakai Dana Pribadi

Bekasi Jawa Barat, wartaterkini.news – Tumpukan sampah yang menggunung dan berceceran hingga ke jalan, yang ada di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di kampung Jayaraga RT 05 RW 07, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, mulai meresahkan warga, Selasa (2/8/2022).

Menurut warga, tempat pembuangan sampah sementara itu sebenarnya diperuntuk bagi warga sekitar, tetapi pada kenyataannya banyak warga yang berasal dari luar kampung Jayaraga, Desa Sukadanau membuang sampah ke lokasi tersebut.

Baca Juga :  Kadis Perindangkop dan UKM OI Menolak Saat Mau Diikonfirmasi Awak Media

“Itu bukan orang sini aja yang buang, kadang namanya dipinggir jalan sambil lewat buang sampahnya disini, orangnya dari mana-mana,” ujar Samih (60) warga didekat lokasi tempat pembuangan sampah sementara.

Menurutnya, sebagai warga Ia tidak berani menegur, lantaran kerap mendapatkan perlakuan kurang mengenakan saat melarang warga yang melintas saat membuang sampah.

“Ya kalau kita marahin malah marahan dia pak, terus masa iya malam-malam kita jagain di tempat sampah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu 2019 Pemprov Sumsel Sosialisasi Percepatan Penerbitan KTP-el

Sedangkan menurut Kepala Dusun 2 Desa Sukadanau, Idris mengatakan permasalahan sampah tersebut berawal dari keterlambatan pengangkatan sampah oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, biasanya dalam satu Minggu sekali sampah-sampah tersebut diangkut ke TPA Burangkeng.

Akibatnya, bak tempat pembuangan sampah sementara tersebut overload, dan membuat sampah menumpuk dan berceceran. Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Desa Sukadanau Ilham Maulana mengambil tindakan membersihkan sampah tersebut hingga bersih, dengan menggunakan anggaran pribadi untuk biaya armada pengangkutan sampah.

Baca Juga :  Suripto Kades Muda di OKU Timur Gandeng Masyarakat Bangun Desa

“Ada iuran warga juga, tapi karena ini sudah menumpuk jadi biaya mobilnya juga kan jadi bengkak, pak Plt Kades kasih bantuan anggarannya yang penting ini harus bersih,” jelas Idris.

Guna mengangkut 40 kubik sampah tersebut, dikerahkan empat truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Idris berharap, kedepannya tidak ada lagi keterlambatan pengangkutan sampah di TPSS tersebut, sehingga tidak lagi adanya penumpukan sampah. (Eka/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini