Bendera IKN dan 38 Provinsi Dikibarkan dalam Acara Pembukaan PON XXI

Jakarta, wartaterkini.news–Sebanyak 39 bendera akan dikibarkan sehari sebelum pembukaan resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024. Upacara pengibaran ini akan berlangsung di Deli Serdang, Medan, Sumut pada Minggu, 8 September 2024.

Pengibaran melibatkan 38 bendera dari setiap provinsi di Indonesia serta satu bendera Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatra Utara, Mahfullah P Daulay, yang akrab disapa Ipunk, menjelaskan detail acara tersebut di Media Center PON XXI, Hotel Santika, Medan, Sumut, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga :   ‘Memarketing’ Kemudahan Berusaha, Mendulang Investasi

“Pada 8 September, pukul 07.30 WIB, akan diadakan upacara pengibaran bendera kontingen di halaman Gedung Astaka Disporasu, Deli Serdang, Sumut,” kata Ipunk dalam keterangan pers yang dikutip pada Kamis (7/9/2024).

Ipunk juga menegaskan bahwa acara pembukaan resmi PON XXI, yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), akan berlangsung di Aceh pada 9 September 2024, pukul 20.30 WIB. Meskipun begitu, wilayah Sumut juga menyelenggarakan acara pembukaan sendiri untuk menyemarakkan pesta olahraga nasional tersebut.

Pengibaran bendera serupa juga akan dilakukan di Aceh oleh panitia wilayah setempat. Sebanyak 124 orang, termasuk cadangan, terlibat dalam upacara pengibaran dan penurunan bendera. Para petugas ini dipilih dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sumut yang telah dilatih oleh tim internal serta berkolaborasi dengan TNI.

Baca Juga :   Sukses Pilkada Serentak 2024 di Sumatra, Menko Polhukam Tegaskan Pentingnya Stabilitas

“Jumlah bendera yang akan dikibarkan adalah 38 bendera dari setiap provinsi, ditambah satu bendera IKN, sehingga totalnya ada 39 bendera,” jelas Ipunk, yang juga menjabat sebagai Kepala Satpol PP Provinsi Sumatra Utara.

Selain pengibaran bendera, upacara penurunan bendera akan dilakukan dengan prosedur yang sama, sehari sebelum acara penutupan PON XXI, yaitu pada 19 September 2024 sore. (**)