Bawaslu OKU Temukan Ada Pemilih Ganda di DPTHP.

BATURAJA wartaterkini.news – Hasil Pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk Pemilu 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menemukan pemilih ganda. Bukan hanya itu bahkan ada juga masyarakat belum masuk dalam daftar DPTHP.

“Jika digabungkan jumlahnya lebih kurang ada puluhan bahkan bisa mencapat seratusan. mulai dari data ganda, belum masuk DPTHP. Bahkan juga ada kegandaan lainya seperti satu pemilih namanya ada di dua Tempat Pemungutan Suara,” kata Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya melalui Divisi Pengawasan, Hubal dan Humas Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Yeyen Andrizal, Jumat (5/10).

Baca Juga :  Bahas HUT Ke-5, Ketum SMSI Temui Ketua MPR RI

Salah satu contoh kata Yeyen terjadi di Baturaja Timur. Daftar Pemilih, Nomor Kartu Keluarga (NKK), Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat sama. Namun nama berbeda. Ini nantinya akan dita datangi untuk diverifikasi kebenaranya.

Yeyen menjelaskan, mereka memang belum melakukan verifikasi langsung kelapangan. Sebab pihaknya dalam hal ini melalui Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten OKU masih melakukan pencermatan DPTHP Pemilu Pileg dan Pilpres 2019.

Baca Juga :  Resahkan Warga, Kawanan Gajah Dekati Area Pemukiman Desa

“Setelah pencermatan nanti Panwaslu Kecamatan akan mengkoordinasikan temuan hasil perncermatan tersebut kepada PPK,” katannya.

Menurut Yeyen sesuai jadwal pada tanggal 9 mendatang akan dilakukan rapat kooedinasi (Rakor) mengundang Panwaslu Kecamatan, PPK yang membidangi data, KPU Kab OKU dan Pihak Disdukcapil Kab OKU.

“Selama empat hari ke depan mulai hari ini akan berkordinasi dengan PPK dan melakukan perivikasi paktual kegandaan baik yang identik maupun ganda antara TPS antar desa/kelurahan,” katanya.(Fikri/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini