Bawaslu OKU Selatan Akan Rekrut 1.273 Pengawas TPS

OKU Selatan,Wartaterkini.News–Pemilihan Umum yang akan  segera di selenggarakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Segala persiapan di persiapkan semaksimal mungkin. Dimulai dari tingkat TPS nantinya akan ditempatkan pentugas pengawas pemilu yang akan mengawasi proses pemilihan, hingga selesainya penghitungan suara.

Karena itu, Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) harus segera terbentuk. Ada 1.273 TPS di seluruh Kabupaten OKU Selatan yang akan  diawasi oleh pengawas, sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga :  DPD Partai Nasdem Targetkan Raih Ketua DPRD Pagaralam Pada Pemilu Mendatang 

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu OKU Selatan, Hery Afrizon, SH, saat membuka Rapat Koordinasi pembentukan Pengawas TPS, yang diselenggarakan di aula Bawaslu OKU Selatan, Kamis 31 September 2019. Untuk Masa pendaftaran pengawas TPS tersebut di buka selama 7 hari, Dimulai dari tanggal 4 hingga 10 Februari 2019.

Menurut Hery Afrizon, Persaratan utama untuk dapat menjadi pengawas TPS yakni berusia minimal 25 tahun dan berpendidikan paling rendah SMA. Pendaftaran dapat dilakukan di Sekretariat Panwascam, atau melalui Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa masing-masing.

Baca Juga :  AHY Himbau DPD Partai Demokrat Malut, Persiapkan Kader-Kader Partai Menuju Pilkada 2020-2024

Syarat penting lainnya pengawas TPS harus berdomisili di desa atau kelurahan di mana pengawas tersebut tinggal.
Para calon pengawas TPS ini nantinya akan diseleksi oleh Panwascam, dan paling lambat tanggal 25 Maret 2019.

“Hery Afrizon menambahkan, apabila seleksi pengawas TPS ini dilakukan lebih awal, diharapkan dapat menghasilkan pengawas yang kredibel, dan paham akan tugas pokok dan fungsinya.
Apalagi Pemilu kali ini, adalah Pemilu ter-akbar dalam sejarah. Karena akan ada 5 macam kertas suara yang akan dipilih oleh masyarakat”.  (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini