Basarnas Harus Lebih Intensif Tanggulangi Bencana

Palembang,wartaterkini.news — Gubernur Sumsel, H Herman Deru menekankan agar Basarnas lebih intensif dalam mengupayakan tindakan preventif atau pencegahan terhadap setiap bencana.

Terkait dengan peristiwa Karhutla, Gubernur Sumsel Herman Deru berharap agar pihak Basarnas lebih jauh lagi dalam keterlibatan baik penanggulangan telebih dalam pencegahan.

Sebelumnya HD mengatakan bahwa masalah utama di Sumsel hanyalah karhutla.

“Alhamdullah di Sumsel ini tidak ada tragedi yang terlalu mencuat, hanya penyakit kito nih kebakaran hutan”ujarnya.

Baca Juga :  Bantuan RTLH Untuk Masyarakat Pra-Sejahtera di Manggarai dan Manggarai Barat Diresmikan

Terkait pencegahan, Berty Kowaas selaku Kepala Basarnas Sumsel mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan beberapa program pencegahan, salah satunya adalah “SAR GOES TO SCHOOL” .

“Untuk pencegahan, sebenarnya kami pak Gubernur, kami sudah ada program preventif yaitu “SAR GOES TO SCHOOL”, mulai dari SD, SMP, dan SMA untuk memberikan materi atau mengedukasi siswa bagaimana apabila terjadi suatu gempa”terangnya.

Baca Juga :  Meriah, Bupati OKU Lepas Peserta Pawai Takbir Idul Adha

Tak hanya itu, HD juga berkeinginan agar terjalinnya kerja sama antara pihak Pemprov Sumsel dan Basarnas Sumsel untuk memberikan pelatihan kepada siswa, perwakilan pegawai yang ada di Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, termasuk aparat SATPOL-PP, terkait upaya pencegahan bencana.

“Terkait upaya pencegahan, nanti saya koneksikan melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial, agar siswa dan perwakilan pegawai di Kabupaten/Kota, kalau bisa POL-PP juga, agar di latihkan oleh SAR”ujarnya. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini