Banyak Sumber Daya Alam Yang Di Miliki OKU Selatan Yang Akan Menghantarkannya Menjadi Yang Terdepan

(Ketua TP-PKK OKUS mencoba Jet Ski)

OKU Selatan wartaterkini.news–Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten OKU Selatan menjadikan kabupaten ini kaya akan sumber daya alam. OKU Selatan mulai berbenah untuk menggali potensi yang ada agar dapat mempunyai nilai jual di tingkat nasional. Kabupaten OKU Selatan Sendiri baru akan  menginjakkan usianya Ke- 15 tahun pada 2019 mendatang.

Bermacam potensi tersebut yang dimulai dari bidang Pariwisata, perkebunan, pertanian, hingga perikanan. Pariwisata merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten OKU Selatan. Yakni Danau Ranau. Sebuah danau air tawar terbesar ke dua di Pulau Sumatera.

Di Danau Ranau tersebut terdapat destinasi terpadu yang ada pada satu kawasan. Di mana terdapat pemandian air panas yang bertempat di kaki Gunung Seminung dengan pemandangan yang menghadap danau. Juga terdapat Air terjun Subik yang berada di tepian danau, dengan dihiasi persawahan yang membentang di depannya

Baca Juga :  Pemda OKU Selatan Tutup Kawasan Wisata Danau Ranau Mulai H-3 Idul Fitri

 

 (Bupati OKUS Saat panen Raya Jagung)

Untuk menunjang pengembangan kawasan ini, pemerintah kabupaten OKU Selatan, telah menyediakan sarana olahraga air seperti Jet Ski, banana boat, serta arung jeram. Selain itu pada tahun 2018 ini telah dilakukan pelebaran jalan  yang ada di tepian Danau Ranau, untuk memudahkan akses untuk menikmati keindahan pariwisata di kawasan ini.

Selain itu untuk sumber panas bumi atau geotermal bukan hanya ada di kaki Gunung Seminung, akan tetapi terdapat juga di Desa Lawang Agung, Bayur, Muaradua Kisam. Untuk mengundang lebih banyak lagi pengunjung ke kawasan ini, perlu dilakukan pelebaran jalan dari Martapura, hingga Danau Ranau. Agar bis pariwisata dapat lebih mudah menuju Danau Ranau.

Baca Juga :  Cegah Corona Diskominfo OKU Selatan Siapkan Alat Cuci Tangan Atau Hand Sanitizer

   (Arum Jeram Banding Agung OKUS)

Untuk Potensi pertanian seperti kopi menjadi mata pencaharian utama penduduk OKU Selatan. Luas perkebunan kopi di OKU Selatan, merupakan terbesar di Sumatera Selatan. Tetapi, harus terus ditingkatkan melalui upaya intensifikasi agar produktivitas kopi semakin meningkat. Selain Kopi Jagung juga sudah mulai menjadi primadona baru dikalangan pertanian di OKU Selatan. Saat ini produksi jagung di OKU Selatan di atas 249 ribu ton, dengan luas lahan 39.000 hektare lebih, telah mengantarkan OKU Selatan, sebagai penghasil jagung terbesar kedua di Sumatera Selatan.

Baca Juga :  Masuki Musim Panen, Petani Kopi Keluhkan Harga Jual Anjlok

 

(Ilustrasi Petani Kopi OKU Selatan)

Di bidang pertanian padi, OKU Selatan telah memiliki penangkaran bibit padi varietas Inpari 30. Dengan luas 10 hektare. Dengan harapan, pada tahun yang akan datang, dapat berswasembada beras. Pertanian padi akan semakin berkembang nantinya, apabila bendungan Tiga Dihaji nantinya selesai dibangun.

Proses Bendungan Tiga Dihaji, saat ini telah memasuki tahapan pembayaran ganti rugi lahan. Apabila bendungan ini selesai dibangun, maka OKU Selatan akan memiliki salah satu bendungan terbesar di Sumatera sebagai pembangkit listrik tenaga air, sumber air irigasi, dan wahana olahraga air serta pariwisata. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini