Banjir Hantam Lima Kecamatan dan Rendam Ratusan

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Ratusan rumah warga yang berada di Lima kecamatan di Kabupaten OKU Selatan, Sumatra Selatan terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam hingga menyebabkan air sungai meluap ke permukiman warga di kabupaten setempat, Rabu (05/07/2023).

“Hujan intensitas cukup tinggi menyebabkan meningkatnya debit air di Sungai Lipang kecamatan Kisam Tinggi dan Sungai Komering, sehingga tidak dapat menampung dan meluber ke permukiman warga”, jelas Kalak BPBD OKU Selatan, Koni Ramli melalui Tommy, Kasi Pencegahan dan Kesiagaan Bencana BPBD OKU Selatan.

Menurut Tommy, banjir bermula dari luapan sungai Lipung Kecamatan Kisam Tinggi dan menyebabkan banjir kiriman di empat kecamatan lainnya.

Adapun Lima Kecamatan yang mengalami banjir akibat luapan sungai tersebut yakni Kecamatan Kisam Tinggi, Kecamatan Muaradua, Kecamatan Muaradua Kisam, Runjung agung dan Kecamatan Buay Sandang Aji.

“Dari lima kecamatan yang terendam banjir satu orang warga desa Lawang Agung meninggal dunia, satu unit rumah milik warga desa Ulak Pandan hanya terbawa arus air dan lebih kurang 300 rumah warga yang terpendam banjir”, jelasnya

Baca Juga :   SMSI Kirim Lima Wartawan Senior ke Festival Lampion Taiwan

Dampak lainnya, 4 hektar area lahan persawahan dan perkebunan milik warga terendam air setinggi 1 meter.

“Untuk data sementara yang baru kami terima, saat ini tim gabungan BPBD, TNI dan Polri masih standby di lokasi masing-masing banjir untuk membantu masyarakat dan mengantisipasi banjir susulan”, terangnya

Selain itu tambahnya, saat ini pihaknya bersama Polsek Muaradua mendirikan posko siaga bencana di Mapolsek Muaradua.

“Untuk mengatasi banjir susulan Polres OKU Selatan bersama BPBD OKU Selatan mensiagakan Posko di Polsek Muaradua”, pungkasnya (Red)