Bandara Juanda Surabaya Siap Layani Penerbangan Haji 2024

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan haji 2024 di Bandara Juanda-Surabaya. Ia memastikan seluruh infrastruktur Bandara Juanda siap mendukung layanan haji 2024.

“Kami secara terus-menerus berupaya meningkatkan layanan penerbangan, termasuk angkutan haji. Untuk itu kami selalu memastikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan prioritas utama,” papar Menhub sebagaimana dikutip dari InfoPublikย pada Minggu (19/5/2024).

Embarkasi Surabaya memberangkatkan 106 kloter jamaah haji pada 2024 dengan total 39.226 jemaah. Adapun setiap kloter terdiri dari 371 orang dengan komposisi 366 Jemaah haji dan lima petugas kloter. Sementara pada Sabtu (18/5) kemarin, terdapat empat kloter keberangkatan haji dengan total 1.484 penumpang.

Baca Juga :   Semarak Olimpiade Paris 2024: Harapan dan Persiapan Matang Kontingen Indonesia

Keberangkatan jemaah haji kloter Surabaya menggunakan pesawat Airbus A-330 dari maskapai Saudi Airlines. Sementara PT Jasa Angkasa Semesta akan mengakomodir penunjang pelayanan darat pesawat udaraย (ground handling operator).

Di samping itu, Embarkasi Surabaya menyediakan layanan Mecca Route, yaitu imigrasi dari Pemerintah Arab Saudi yang berada di Indonesia. Layanan ini berguna mempercepat proses administrasi keimigrasian, sehingga para jemaah haji yang tiba di Arab Saudi dapat langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

Baca Juga :   Kapolres Bireuen Lakukan Pengecekan Dan Evaluasi Kesiapan TPS Terpencil Menjelang Pemilu 2024

“Itu adalah Mecca Route yakni imigrasi yang tadinya di Arab dipindah ke sini. Mulai tahun ini Mecca Route tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Solo dan di Surabaya. Oleh karenanya saya berterima kasih kepada Arab Saudi yang sudah memberikan fasilitas Mecca Route,” ungkapnya.

Tak lupa, Menhub juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama berbagai pihak dalam mendukung kelancaran angkutan haji 2024. (**)