banner 728x250

Bakamla RI Persiapkan ASEAN Coast Guard Forum 2024

Yogyakarta, wartaterkini.news–Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) terus melakukan berbagai persiapan Coast Guard Forum (ACF) 2024, agar gelaran tersebut berjalan lancar dan sukses.

Sekretaris Utama Sestama Bakamla RI, Laksda TNI T.E. Witjaksono, saat membuka Technical Expert Group Meeting of ASEAN Coast Guard Forum (TEGM ACF) Tahun 2024, di Yogyakarta, Kamis (2/5/2024), mengatakan kegiatan itu guna melanjutkan pembahasan aspek utama untuk formalisasi ACF 2024 yang nantinya dapat dituangkan ke dalam dokumen kerja term of reference (TOR) dan Concept Paper.

Dengan harapan, persetujuan atas kedua dokumen tersebut dapat diajukan kepada Sekretariat ASEAN.

TEGM ACF itu dihadiri oleh seluruh negara ASEAN; Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. “Sedangkan perwakilan Myanmar hadir secara daring, dan Brunei Darussalam belum dapat bergabung pada kesempatan ini,” katanya.

Beberapa perwakilan Kementerian/Lembaga terkait pun turut hadir, yakni Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementeriaan Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Baca Juga :   Polres Magelang Kota Beri Pengamanan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Tahun 2024

Kegiatan itu merupakan upaya seluruh Coast Guard atau Penegak Hukum Maritim di ASEAN untuk bekerja sama dan berkolaborasi demi terwujudnya keamanan di wilayah perairan kawasan. (*)