banner 728x250

Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu Terjun ke Sawah untuk Wujudkan Ketahanan Pangan

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu, Serka Slamet, bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Melati 4, bergotong-royong melaksanakan penanaman padi di Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Jum’at (17/05/2024).

Dalam kegiatan ini, Serka Slamet dan para petani setempat bahu-membahu menanam bibit padi di sawah. Kerja sama antara TNI dan masyarakat ini menunjukkan komitmen untuk meningkatkan produksi pangan lokal serta mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Kami berharap dengan adanya pendampingan dari Babinsa, para petani semakin semangat dan termotivasi untuk meningkatkan hasil panen. Ini juga bagian dari tugas kami sebagai TNI untuk mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Serka Slamet.

Baca Juga :   Resahkan Masyarakat, 5 Remaja Bersajam Diamankan Polresta Magelang

Lebih lanjut Serka Slamet, “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah”.

Sementara itu Danramil 0826-06 Pademawu Kapten Cba Joko mengatkan bahwa kegiatan pendampingan ini tidak hanya terbatas pada penanaman padi, tetapi juga mencakup berbagai aspek pertanian lainnya.

“Para Babinsa tak hanya pendampingan pada penanaman padi saja tetapi juga terlibat dalam berbagai kegiatan seperti penyuluhan tentang teknik bercocok tanam yang baik, pengendalian hama, serta penggunaan pupuk yang efektif,”ucap Kapten Cba Joko.

Baca Juga :   Awali Tugas, Kapolres Magelang Kota Disambut Tradisi Pedang Pora

“Selain itu juga para Babinsa juga melaksanakan program pipanisasi dan pompanisasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian untuk dapat mencapai swasembada pangan,”ujarnya.

“Dengan demikian, diharapkan produksi padi di Desa Pademawu Timur dapat meningkat dan memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan pangan di Pamekasan,”pungkasnya.

Ahmad salah satu petani, menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan oleh Babinsa. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pendampingan dari Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu, karena ini sangat membantu kami dalam proses penanaman padi,” ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi antara TNI dan kelompok tani, diharapkan Desa dapat memberikan kontribusi positif dalam hal ketahanan pangan dan kemandirian pertanian. Kegiatan seperti ini juga menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi kesejahteraan rakyat.