Senin, Januari 24, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaBabinsa Dampingi Vaksinasi Bumil di Puskesmas Bandongan

Babinsa Dampingi Vaksinasi Bumil di Puskesmas Bandongan

Magelang Jawa Tengah, wartaterkini.news–Vaksinasi untuk ibu hamil (Bumil) digelar di Puskesmas Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (27-08-2021). Kegiatan itu dihadiri oleh Forkopimcam Bandongan, Ketua TP PKK Kecamatan Bandongan Hj. Siti Khotijah, Ketua PKK Desa se-Kecamatan Bandongan. Vaksinasi ini juga didampingi oleh para Babinsa dan para Bhabinkamtibmas Bandongan.

Babinsa Koramil 03/Bandongan Kodim 0705/Magelang Sertu Slamet Ariyanto mengatakan bahwa pentingnya para Babinsa ikut mendampingi pelaksanaan vaksinasi Bumil yaitu untuk memastikan kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Juga memastikan kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Personil Kodim 1509 Labuha Sosialisasi Program Aplikasi Klassku, Metode Belajar di Tengah Pandemi

“Kegiatan vaksinasi hari ini direncanakan dengan target yang divaksin 130 orang Bumil dari desa se-Kecamatan Bandongan. Tujuannya guna mencegah serta mengurangi resiko terpapar Covid-19 pada ibu hamil,” ungkap Sertu Slamet.

Sementara Bidan Desa Rejosari, Bestaria mengatakan kegiatan vaksinasi merupakan salah satu program prioritas bagi pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini sebagai upaya untuk antisipasi serta untuk menambah kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Baca Juga :  Kelompok Tani Desa Rejosari Dibantu 900 Batang Bibit Durian Unggul

“Vaksin Covid-19 bagi ibu hamil sesuai surat edaran HK.02.01/1/2007/2021. Yaitu dengan persyaratan antara lain bagi bumil yang berusia lebih dari 18 tahun, didampingi suami atau keluarga, membawa buku KIA, usia kehamilan 12-33 minggu, dan jarak minimal 1 bulan dari imunisasi lainnya,” terang Bestaria.

Ibu hamil, lanjut Bestaria, dapat mengikuti vaksin Covid-19, jadi ibu hamil tidak perlu takut vaksin. Karena sebelum divaksin akan dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis dengan Kartu Kendali khusus.

“Vaksin Bumil menggunakan vaksin yang telah ditetapkan oleh Kemenkes dan rekomendasi komite penasihat ahli imunisasi nasional Sinovac, Prizer, dan Moderna,” lanjutnya.

Baca Juga :  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Salurkan Bantuan Kepada Warga Isoman

Bestaria menandaskan, untuk pemberian vaksin Covid-19 pada bumil, diberikan pada triwulan 2 dan 3 mulai usia kehamilan 13 minggu. Jarak pemberian vaksin dosis pertama dan kedua di sesuaikan jenis yang digunakan.

“Jika bumil memiliki penyakit penyerta, misalnya penyakit jantung, diabetes, asma, HIV, dan sebagainya tetapi dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin dapat diberikan mereka,” tandas Bidan Bestaria. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,286,378
Total Kasus
Updated on 24 January, 2022 10:06 am

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!