ASEAN Paragames XI Solo Akan Ditutup Secara Resmi Oleh Presiden

Solo Jateng, wartaterkini.news–Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menutup perhelatan ASEAN Paragames 2022 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Dikutip dari laman setkab.go.id menyebutkan, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo berangkat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.50 WIB menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali.

Kepala Negara dijadwalkan untuk menutup ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta. Pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara tersebut dihelat selama sepekan sejak dibuka pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian, Kapolres Metro Bekasi Ajak Yatim Piatu Nonton Film Bareng

Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi akan bermalam di Kota Surakarta dan akan kembali ke Jakarta esok hari.

Diketahui, kontingen atlet penyandang disabilitas Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang bergengsi ASEAN Paragames 2020 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jateng.

Data website resmi ASEAN Paragames 2022 mencatat, Indonesia berhasil sudah merebut 151 emas. Sedangkan data riil yang didapat dari perhitungan di lapangan adalah 171 emas, 138 perak, 110 perunggu atau totalnya adalah 419 keping medali.

Berpatokan pada hasil website, hingga pukul 21.30 WIB, Jumat (5/8/2022), Thailand menutup klasemen akhir perolehan medali di urutan kedua dengan hasil 113 emas, 113 perak, dan 86 perunggu.

Baca Juga :  Presiden Minta Setiap Kelurahan Siapkan Tempat Isolasi Covid-19

Mereka dibuntuti Vietnam yang mengemas 64 emas, 58 perak, dan 54 perunggu. Di belakangnya mengekor Malaysia dan Filipina, masing-masing lewat prestasi 34 emas, 19 perak, 14 perunggu serta 28 emas, 31 perak, 43 perunggu. Hingga berakhirnya perhelatan olahraga multicabang atlet-atlet disabilitas Asia Tenggara, hanya Laos dan Brunei Darussalam yang belum berhasil mencicipi gurihnya medali emas.

Indonesia sendiri mengutus 324 atlet, dan satu atlet gagal bertarung karena mengalami sakit. Jika disandingkan dengan total medali yang diperoleh Indonesia, maka sebanyak satu setengah atlet membawa pulang medali. Cabang yang tidak ditargetkan medali adalah goalball, basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Baca Juga :  Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Untuk 6 Tokoh Bangsa

Namun, dalam kenyataannya, basket kursi roda sanggup membawa pulang perunggu dan ini adalah medali perdana dari cabang tersebut. Demikian dikatakan Chief de Mission kontingen Indonesia, Andi Rahman dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Paragames 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Solo, Jumat (5/8/2022) malam.

Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu. Terima kasih para atlet Merah Putih untuk seluruh kucuran keringat dan perjuangannya untuk menyumbang keping demi keping medali. Sampai jumpa di Kamboja tahun depan. (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini