Jumat, Juli 8, 2022
Google search engine
BerandaBerita"Aprilan Merapisari", Cara Bersyukur Masyarakat di Lereng Merbabu

“Aprilan Merapisari”, Cara Bersyukur Masyarakat di Lereng Merbabu

Magelang Jateng, wartaterkini.news–Setiap daerah memiliki tradisi berbeda dalam mengaktualisasikan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satunya dengan Merti Dusun (memperingati dan menjaga dusun), dengan sebutan yang berbeda pula. Misalnya Saparan, Suran, dan lainnya.

Berbeda pula dengan sebutan Merti Dusun Merapisari di Desa/Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tasyakuran di dusun ini disebut “Aprilan”, hal ini karena dilaksanakan setahun sekali pada bulan April.

Acara diawali dengan arak-arakan gunungan yang dibentuk dari berbagai hasil bumi. Seperti sayuran, palawija, umbi-umbian, dan sebagainya. Aprilan ke-68 kali ini dihadiri pula oleh Koramil Ngablak yang diwakili Bati Tuud Peltu Edi Sutanto beserta anggota Koramil 07/Ngablak, Sabtu (16/04/2022).

Baca Juga :  Kabar Penculikan Anak Tersebar di Medsos, Kapolres Magelang: Itu Tidak Benar

Arak-arakan gunungan hasil bumi dimulai dari depan Gapura Dusun Merapisari menuju panggung acara, di depan Balai Dusun Merapisari sejauh sekitar 200 meter. Kemudian dilanjutkan acara syukuran pemotongan tumpeng oleh masyarakat dusun di lereng gunung Merbabu ini.

Hadir dalam acara tersebut sebagai tamu undangan Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos., M.Tr.(Han). beserta jajarannya. Dalam kesempatan itu Komandan Kodim mengucapkan “selamat” kepada seluruh warga masyarakat Dusun Merapisari. Yaitu atas peringatan hari jadinya ke-68.

Baca Juga :  Personel Akademi Militer Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

“Saya mengimbau warga Dusun Merapisari untuk tetap mempertahankan kebhinekaan. Serta gotong-royong melestarikan budaya agar tidak luntur seiring perkembangan zaman. Saya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada warga Dusun Merapisari,” ucap Dandim.

Kepala Dusun Merapisari Suharyanto mengatakan kegiatan arak-arakan Merti Dusun ini merupakan wujud syukur atas keselamatan dusun selama ini. Kegiatan Merti Dusun ini sudah menjadi adat istiadat setiap tahunnya pada bulan April di Dusun Merapisari Desa/Kecamatan Ngablak.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dandim, Forkopimcam, tamu undangan, dan masyarakat. Yang sudah mendukung dan membantu pada acara Merti Dusun sehingga berjalan tertib dan lancar,” ucapnya.

Baca Juga :  Herman Deru Kian Optimis Sumsel Lumbung Pangan Nasional

Camat Ngablak Pujo Ihtiarto, S.I.P mengatakan sangat senang dan bangga kepada masyarakat desa Ngablak khususnya Dusun Merapisari. Dengan Merti Dusun ini diharapkan tetap adem ayem, tenteram lahir batin, semoga semakin maju.

“Serta biasa menjadi contoh bagi warga desa lainnya di Kecamatan Ngablak ini,” ujarnya.

Pengamanan Tasyakuran dan Arak-arakan Merti Dusun ini oleh Anggota Koramil, Polsek, Linmas dan masyarakat setempat. Selama kegiatan berlangsung berjalan aman, tertib, dan kondusif. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News