APBDes Dikondisikan ke Dana Covid-19 Sebesar 8 persen, Kadis PMD Morotai Diberikan Warning

oleh

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai diberikan warning oleh mantan Pokja Bupati Morotai, Julham.

Pernyataan warning ini diberikan, pasalnya DPMD Morotai mengkondisikan Dana Covid-19 dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) se Kabupaten Pulau Morotai sebanyak 8 persen.

“Kita ketahui bersama bahwa dengan adannya pandemi saat ini, pemerintah telah mencanangkan berbagai program, baik itu pada sektor kesehatan, maupun bantuan ekonomi kepada masyarakat. Tetapi, disini yang menjadi perhatian khusus secara ekstra ketat, yaitu soal anggaran desa yang di peruntukan di situasi pandemi covid 19, sebesar 8 persen,”jelas Julham kepada wartaterkini.news, selasa (10/08/2021)

Baca Juga :  IRT Penjual Togel diamankan Satuan Polres Labuhanbatu

Menurutnya, tidak mengapa jika Dana Desa dikondisikan pada situasi pandemi Covid-19 sebesar 8 persen, untuk pemberian Paket Sembako bagi pasien Covid-19 yang berada di desa-desa dan lain sebagainya.

Namun, lanjut Mantan Pokja Bupati ini, Dana Desa yang diperuntukan tersebut harus dipergunakan secara efesien dan transparan agar tidak terkesan bahwa Dana Desa 8 persen itu tidak dijadikan lahan diskriminasi dan lahan meraut keuntungan secara melawan hukum.

Baca Juga :  Bupati Halsel Diduga Ancam Kepala Desa

“Tentunya, hal ini yang menjadi warnning bagi Kadis PMD dan berbagai pihak untuk secara ekstra ketat mengontrol dan mengawal dana desa, khususnya yang di peruntukan pada penanganan covid-19 sebesar 8 persen itu,”tegasnya

Julham juga mengingatkan kepada para Camat dan Puskesmas di setiap kecamatan agar selalu satu pintu dalam berkordinasi dan menyiapkan data, desa-desa mana yang terdapat pasien covid-19 supaya dana desa yang diperuntukan dalam penanganan covid-19 dipergunakan dengan baik dan transparan.

Baca Juga :  Manfaatkan Bumdes Untuk Pembangunan di Desa

Diakhir sikap, dia juga menambahkan bahwa salah satu visi misi Bupati Morotai Benny Laos adalah menciptakan reformasi birokrasi yang melayani masyarakat dan bersih dari korupsi. tantasnya (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email