Alih Pungsi Tanah Hutan Diinventarisasi dan Divalidasi

OKU Selatan,wartaterkini.news–Pemerintah akan melakukan pola penyelesaian untuk bidang tanah yang telah dikuasai dan dimanfaatkan setelah bidang tanah tersebut ditunjuk atau dialih pungsikan sebagai kawasan hutan. Langkah penyelesaian yang diambil pemerintah di antaranya dengan mengeluarkan bidang tanah dalam kawasan hutan melalui perubahan batas kawasan hutan.

Opsi lain yakni dengan melakukan tukar menukar kawasan hutan. Selanjutnya, dengan memberikan akses pengelolaan hutan melalui program perhutanan sosial. Tanah Objek Reforma Agraria atau TORA, sebagai bagian dari Program Reforma Agraria tersebut berimplikasi pada perubahan peruntukan kawasan hutan menjadi penggunaan lain.

Baca Juga :  Komunikasi Sosial Sebagai Wahana Penyampaian Informasi

“Kita sangat berhati-hati dalam menentukan lahan tanah menjadi TORA jangan sampai memicu terjadinya deforestasi.”Ujar Firman.

 

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, yang diwakili Firman menyampaikan bahwa,  ada beberapa tahapan penyelesaian dan telah melakukan sosialisasi di tahun 2018.  Ada 7 kabupaten prioritas telah masuk ke tahapan validasi dan sudah dieksekusi dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

Fiman berharap, kepada camat beserta kades agar dapat segera untuk melengkapi berkas atau data yang telah di tentukan dengan batas akhir bulan November 2018.  Hal ini terungkap pada rapat penelaahan validasi permohonan inventarisasi dan verfikasi penguasaan tanah dalam kawasan hutan, yang dilaksanakan oleh Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah, yang  dilaksanakan di ruang rapat asisten II, Kamis, 18 Oktober 2018

Baca Juga :  Pemkab Morotai Distribusikan Bahan Bangunan Masjid Al-Khafi Desa Maba

Rapat ini dihadiri oleh Asisten II Sekretariat Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Hermansyah Said, Kepala Balai BPKH wilayah II Palembang, perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjan Umum, Kepala OPD, Camat Buay Pemaca, Camat Buana Pemaca dan Para Kepala  Desa. (wt01)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini