banner 728x250

Ajang Apresiasi Generasi Muda Indonesia Tunjukkan Prestasi

Jakarta, wartaterkin.news–Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) lewat Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) terus tunjukkan komitmen menjaga asa perkembangan talenta muda di berbagai sektor.

Komitmen tersebut disuguhkan dalam acara bertajuk Puncak Persembahan Karya Talenta Emas 2023 pada Kamis, 14 Desember 2023 lalu.

Melalui tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Emas Menginspirasi”, Kemendikbudristek hendak berikan apresiasi yang telah dicapai peraih medali saat mengikuti beragam ajang yang diselenggarakan oleh BPTI sepanjang tahun 2023.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang telah ditunjukkan oleh talenta muda Indonesia.

“Kemendikbudristek memberikan apresiasi atas pencapaian prestasi generasi muda Indonesia. Adanya keragaman jenjang pendidikan, sosial dan budaya yang berbeda justru melahirkan talenta muda berprestasi di berbagai sektor,” kata Tatang dalam keterangannya dikutip di Jakarta, Senin (8/12/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan bahwasanya acara yang diselenggarakan diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan menginspirasi peserta didik seluruh Indonesia untuk menjaga asa prestasi secara berkelanjutan, dengan pemberitaan yang masif di media nasional baik cetak maupun daring.

Baca Juga :   Bupati Pamekasan Lantik Masrukin Sebagai Sekda, Delapan Pejabat Dimutasi

“Kegiatan Puncak Persembahan Karya Talenta Indonesia Emas 2023 menandai telah selesainya seluruh rangkaian penyelenggaraan 41 ajang talenta pada 2023 di tingkat nasional baik untuk pendidikan dasar menengah maupun pendidikan tinggi.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk laporan hasil pembinaan talenta sekaligus mengapresiasi capaian prestasi peserta didik di sepanjang 2023,” sambung Irene.

Acara turut dimeriahkan dengan sesi gelar wicara yang mengupas berbagai strategi mewujudkan mimpi talenta Indonesia.

Narasumber sesi gelar wicara selain Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, turut hadir peraih medali perunggu International Geography Olympiad (iGeo), siswa SMA Negeri 3 Bogor, Mikaila Rainisa Nugroho yang juga merupakan alumni Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA pada cabang lomba Vokal Solo Putri 2020.

Selanjutnya, Aliza, mahasiswa Universitas Diponegoro yang merupakan Alumni FLS2N SMA pada cabang lomba Vokal Solo Putri 2020, peraih medali perak FLS2N SMA pada cabang lomba Vokal Solo Putri 2022, Britney Kimberly yang merupakan siswa SMA Harapan Kasih Bandung, dan Peraih Medali Emas Sea Games Kamboja 2023 cabang olahraga Pencak Silat Putri, Safira Dwi Melani yang saat ini berstatus mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Baca Juga :   Hebat.! Setelah Rakit Pesawat, Pemuda Tulung Selapan OKI Ciptakan Kapal Pembersih Sampah

Para narasumber berbagi pengalaman dan kisah dibalik prestasi yang telah diraih. Diawali oleh Aliza yang mengungkapkan keinginannya untuk meraih cita-cita melanjutkan ke ajang internasional.

“Saya merasa senang dan bersyukur dapat hadir di sini mewakili teman-teman dari kategori seni. Saya akan terus tetap semangat untuk mewujudkan mimpi saya. Saya ingin melaju terus lagi ke ajang internasional,” ucapnya.

Senada dengan itu, Britney Kimberly, menceritakan kisah yang dialami saat meraih medali perak FLS2N pada cabang lomba Vokal Solo Putri SMA 2022.

“Tuhan telah memberikan bakat yang luar biasa kepada kita semua. Saat saya mempersiapkan ikut ajang FLS2N 2022, dukungan dan doa dari orang tua, teman, dan guru menambah motivasi sekaligus telah mengantarkan saya meraih medali,” ungkap Britney.

Baca Juga :   Kominfo Ingatkan Generasi Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

Ajang Puncak Persembahan Karya Talenta Emas 2023 juga menghadirkan pameran hasil karya dari berbagai peserta dari tingkat SD, SMP, SMA,SMK, dan Perguruan Tinggi yang mengikuti kompetisi di tahun 2023 serta dapat dinikmati langsung oleh masyarakat.

Hasil karya tersebut di antaranya Bioplastik dari Singkong Karet untuk Pembuatan Kantong Kresek Ramah Lingkungan dari kompetisi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), hasil foto Juara 1, 2,3, dan 2 terbaik dari kompetisi FLS2N SMA, dan Fashion Technology dari kompetisi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK.