Ajak Warga Awasi Pemilu, Bawaslu OKU Selatan Sosialisasi Partisipatif

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat digelar di hotel Samudra oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten OKU Selatan. Para peserta yang terdiri dari organisasi masyarakat, mahasiswa dan warga mendapatkan materi berupa jenis-jenis pelanggaran pemilu yang ada di lapangan.

Misalnya kampanye membawa anak di bawah umur, money politik atau politik uang, dan pelanggaran saat pencoblosan. Pengawas partisipatif nantinya diharapkan dapat melaporkan pelanggaran pemilu yang ditemukan kepada Bawaslu.

Sosialisasi partisipatif pemilu merupakan upaya bawaslu mengajak seluruh masyarakat menjadi pengawas pemilu. Sehingga pemilu yang digelar akan berakhir jujur dan adil.

Bawaslu kabupaten OKU Selatan dalam menjalankan tugasnya, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawasi bersama tahapan pemilu.

“Ketika masyarakat sudah menjadi pengawas, insya Allah pemilu nanti dapat berjalan lancar dan sedikit pelanggaran,” jelas Herlina Fitri komisioner Bawaslu kabupaten OKU Selatan. Kamis (12/10/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, peran serta masyarakat dalam mengawasi pemilu sangat diperlukan karena jumlah pengawas di lapangan tidak sebanding dengan yang diawasi.

Baca Juga :   Perpadi Puji Gebrakan Kementan Menambah Alokasi Pupuk

“Peran serta masyarakat sangat penting dalam membantu bawaslu melakukan pengawasan, agar pemilu yang demokratis dan berkualitas bisa tercapai,” tandasnya (Red)